Pembiayaan Kendaraan Ramah Lingkungan CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) Tumbuh 185%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan multifinance PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) mencatatkan pertumbuhan signifikan atau tumbuh dua kali lipat pada pembiayaan kendaraan ramah lingkungan.

Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman menyampaikan, hingga Mei 2024, realisasi pembiayaan kendaraan ramah lingkungan perusahaan tercatat sebesar Rp 209,39 miliar, atau tumbuh signifikan hampir dua kali lipat atau naik 185% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu Rp 73,59 miliar.

"Demikian juga apabila dilihat dari pertumbuhan jumlah unit, tumbuh melesat lebih dari dua kali lipat atau 237%, di mana bulan Mei 2024 kendaraan ramah lingkungan di CNAF mencapai 663 unit jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu sebanyak 197 unit," ujar Ristiawan kepada Kontan.co.id, Rabu (19/6).


Adapun pembiayaan kendaraan ramah lingkungan mengambil porsi atau kontribusi 5,4% atau Rp 209,39 miliar dari total penyaluran pembiayaan di CNAF Rp 3,90 Triliun. 

CNAF optimistis pembiayaan kendaraan ramah lingkungan di tahun 2024 ini bisa terus bertumbuh seiring dengan perekonomian yang semakin pulih, dengan begitu CNAF menargetkan pembiayaan baru untuk kendaraan ramah lingkungan di tahun 2024 bisa mencapai Rp 400 miliar.

Baca Juga: CIMB Niaga Auto Finance Menilai Prospek Pembiayaan Syariah Masih Besar

CNAF melihat progres dari kesiapan infrastruktur untuk kendaraan ramah lingkungan seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum, sparepart, dan service sudah berjalan dan bertambah banyak. 

"Brand atau produsen otomotif juga sudah mulai meluncurkan berbagai macam produk kendaraan ramah lingkungan. Untuk itu CNAF melihat pangsa pasar ini akan menjadi wadah dalam meningkatkan pertumbuhan pembiayaan baru di tahun 2024," tuturnya.

Untuk menopang pertumbuhan pembiayaan mobil ramah lingkungan, CNAF menawarkan suku bunga atau margin yang bersaing dengan market yaitu menawarkan suku bunga yang lebih murah dari pembiayaan reguler atau menawarkan suku bunga 0% dengan syarat khusus dan tentunya hal ini menjadi salah satu alternatif pilihan nasabah.

Selain itu CNAF mengedepankan percepatan proses pengajuan serta dokumen yang sederhana akan membuat pertumbuhan pembiayaan mobil ramah lingkungan dapat semakin meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih