JAKARTA. Bank Muamalat Indonesia melewati tahun 2014 dengan penuh perjuangan. Sebab, pembiayaan bermasalah alias kredit macet (non perfoming financing/NPF) kian memberatkan langkah Bank Muamalat. Ada dua sektor pembiayaan yang seret sehingga mendongkrak NPF Bank Muamalat. Hendiarto, Direktur Keuangan dan Operasional Bank Muamalat mengungkapkan, penyumbang NPF tertinggi di perseroan adalah sektor pertambangan dan transportasi, lantaran masa depan dua sektor ini tengah buram. Dari sektor transportasi, salah satu debitur yang mangkrak adalah Batavia Air. Hendiarto bilang, kasus pailit maskapai Batavia Air menjadi biang keladi. Kucuran pembiayaan Bank Muamalat yang tersangkut di maskapai itu sebesar Rp 120 miliar. Saat ini Bank Muamalat hanya berharap pada hasil penjualan aset pailit. Catatan saja, outstanding pembiayaan Bank Muamalat saat Batavia bangkrut adalah Rp 186 miliar.
Pembiayaan macet membayangi rapor Muamalat
JAKARTA. Bank Muamalat Indonesia melewati tahun 2014 dengan penuh perjuangan. Sebab, pembiayaan bermasalah alias kredit macet (non perfoming financing/NPF) kian memberatkan langkah Bank Muamalat. Ada dua sektor pembiayaan yang seret sehingga mendongkrak NPF Bank Muamalat. Hendiarto, Direktur Keuangan dan Operasional Bank Muamalat mengungkapkan, penyumbang NPF tertinggi di perseroan adalah sektor pertambangan dan transportasi, lantaran masa depan dua sektor ini tengah buram. Dari sektor transportasi, salah satu debitur yang mangkrak adalah Batavia Air. Hendiarto bilang, kasus pailit maskapai Batavia Air menjadi biang keladi. Kucuran pembiayaan Bank Muamalat yang tersangkut di maskapai itu sebesar Rp 120 miliar. Saat ini Bank Muamalat hanya berharap pada hasil penjualan aset pailit. Catatan saja, outstanding pembiayaan Bank Muamalat saat Batavia bangkrut adalah Rp 186 miliar.