Pemerintah Afrika Selatan Mengusulkan Kembalinya Balapan Formula 1 di Negaranya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Afrika Selatan berencana bertemu dengan penyelenggara balap Formula 1 untuk membahas kembalinya ajang balap tersebut setelah absen selama tiga dekade.

Menteri Pariwisata dan Menteri Olahraga Afrika Selatan dijadwalkan mengadakan pembicaraan terkait hal ini sebelum akhir tahun, kemungkinan di Abu Dhabi, ungkap Menteri Pariwisata Patricia de Lille dalam sebuah pernyataan di Cape Town pada hari Jumat.

Pemerintah tengah mempertimbangkan untuk menggunakan sebagian dari anggaran infrastruktur Kementerian Pariwisata guna mengembangkan fasilitas yang diperlukan untuk mendukung acara tersebut, kata De Lille.


Baca Juga: Cabut dari Mercedes, Lewis Hamilton Gabung Ferrari pada Musim 2025

"Proyek semacam ini harus mendapatkan persetujuan dari kabinet," tambahnya.

Terakhir kali Afrika Selatan menjadi tuan rumah balapan Formula 1 adalah di sirkuit Kyalami, yang terletak di utara Johannesburg, pada tahun 1993—setahun sebelum pemilihan umum multirasial pertama di negara tersebut mengakhiri puluhan tahun pemerintahan minoritas kulit putih.

Saat ini, kalender Formula 1 yang terdiri dari 24 balapan tidak mencakup Afrika—dan terakhir kali balapan digelar di benua tersebut adalah di Afrika Selatan.

Selanjutnya: Luhut: Pendirian Family Office Disetujui Prabowo, Tapi Dijegal Satu Kementerian

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Editor: Handoyo .