Pemerintah baru Yunani perkecil defisit anggaran 2012



ROMA. Pemerintah baru Yunani berjanji memangkas defisit anggaran tahun depan. Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos menargetkan, rasio defisit anggaran tahun depan akan mengecil dari 9% menjadi 5,4% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Pengurangan defisit anggaran ini merupakan kesepakatan antara Yunani dengan Uni Eropa untuk memperoleh dana talangan. Sebagai imbal baliknya, Uni Eropa memangkas 50% utang Yunani.

Dengan pengurangan nilai utang ini, Yunani terhindar dari gagal bayar (default). Venizelos mengungkapkan, pihaknya memberikan berbagai opsi dalam penyelesaian utang perbankan yang memegang surat utang Yunani. "Tidak akan ada satu model bagi bank Yunani dan asing. Kemungkinan ada dua atau tiga model dan mereka bisa memilih salah satunya yang sesuai dengannya," katanya, Jumat (18/11).Pemerintah baru Yunani ini memastikan tidak ada tambahan program penghematan untuk bisa mencapai target defisit anggaran 2012 tersebut. Sebab, program penghematan yang sudah dilakukan telah menyebabkan perekonomian Yunani terjerembab. Diperkirakan, ekonomi Yunani akan tenggelam sebesar 5,5% tahun ini dan 2,8% pada tahun depan.


Sebelumnya, pada Oktober lalu, pemerintahan Yunani sudah memangkas anggaran pensiun, gaji pegawai dan jumlah lapangan kerja serta meningkatkan tarif pajak untuk mengecilkan defisit anggaran. Program ini membuat Yunani dilanda unjuk rasa besar-besaran.

Editor: Edy Can