Pemerintah Batalkan Kenaikan Tarif Cukai Rokok, Cek Rekomendasi Saham HMSP dan GGRM



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memutuskan untuk mempertahankan tarif cukai hasil tembakau untuk tahun 2025, sebuah langkah yang memberikan angin segar bagi emiten rokok yang mengalami tekanan daya beli. 

Keputusan ini diambil setelah pembahasan terakhir dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan mempertimbangkan kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Meskipun tarif cukai tetap, pemerintah berencana menyesuaikan harga jual eceran (HJE) produk tembakau pada tahun yang sama.


Baca Juga: Tarif Cukai Tidak Jadi Naik, Produsen Rokok Tetap Waspadai Berbagai Tantangan

Riset dari tim Stockbit Sekuritas menunjukkan bahwa keputusan ini akan memberikan dampak positif bagi emiten rokok seperti PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan PT Wismilak Inti Makmur (WIIM). 

Stockbit mencatat bahwa tanpa kenaikan cukai, profitabilitas dan pendapatan emiten rokok diperkirakan akan meningkat. Namun, tren peralihan konsumen ke produk rokok yang lebih murah mungkin akan terus berlanjut, mengingat penyesuaian HJE yang direncanakan. 

Saat ini, selisih HJE antara rokok sigaret kretek mesin (SKM) tier 1 dan tier 2 mencapai 64%, yang membuat produk lebih murah tetap menarik bagi konsumen.

Oktavianus Audi dari Kiwoom Sekuritas Indonesia mengatakan bahwa keputusan ini akan tetap memberikan dampak positif, dengan proyeksi penjualan emiten rokok tumbuh 6% secara year on year (yoy) pada 2025. 

Baca Juga: Pembatalan Kenaikan Cukai, Simak Prospek Saham Perusahaan Rokok di 2025

Meskipun demikian, rasio net profit margin (NPM) diperkirakan masih akan berada di bawah level sebelum pandemi, sekitar 4%.

Audi juga mengamati adanya korelasi antara kenaikan cukai hasil tembakau dan penurunan penjualan rokok. Misalnya, pada semester I-2024, HMSP mencatatkan penurunan penjualan sebesar 2,9% yoy menjadi 39,4 miliar batang, disertai penurunan pangsa pasar sebesar 1,5%. 

 
HMSP Chart by TradingView

Meskipun demikian, Audi berpendapat bahwa pembatalan kenaikan cukai hasil tembakau hanya akan memberikan sentimen positif jangka pendek untuk saham emiten rokok. Ia mengingatkan bahwa daya beli masyarakat masih lemah dan peredaran rokok ilegal masih marak. 

Audi merekomendasikan agar investor mempertimbangkan saham rokok dalam jangka pendek, khususnya HMSP, yang menunjukkan tren bullish. 

Baca Juga: Tarif Cukai Tidak Jadi Naik, Produsen Rokok Tetap Waspadai Berbagai Tantangan

Ia menyarankan untuk membeli saat harga melewati MA200 dengan target Rp 860 dan support Rp 740. Untuk GGRM, Audi merekomendasikan untuk membeli saat harga melewati neckline, dengan target menuju Rp 17.500 dan support Rp 16.000 per saham.

Selanjutnya: Intip Rekomendasi Saham PSAB, PTPP dan MDKA untuk Perdagangan Hari Ini (25/9)

Menarik Dibaca: Naik Tinggi, Harga Emas Antam Hari Ini 25 September Melesat Rp 20.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli