Pemerintah gandeng swasta dalam penanganan corona, dari RS sampai laboratorium



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menggandeng pihak swasta dalam penanganan virus corona (Covid-19). Terdapat 3 rumah sakit yang akan membantu penanganan Covid-19. Rumah sakit tersebut menyediakan seluruh kapasitas tempat tidurnya untuk pasien Covid-19.

"Total 300 tempat tidur untuk penanganan kasus Covid-19," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk penanggulangan Covid-19 Achmad Yurianto di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (18/3).

Baca Juga: Sempat rawat pasien Covid-19, staf RS Mitra Keluarga Depok dinyatakan negatif corona

Tiga rumah sakit tersebut antara lain Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Rumah Sakit Mitra Keluarga Jati Asih, Rumah Sakit Hemina Karawang. Selama penanganan Covid-19, pasien penyakit lain akan dialihkan ke rumah sakit lain.

Rumah sakit swasta juga menyampaikan komitmen untuk pelayanan pasien Covid-19. Hal itu dilakukan dalam penyediaan sarana prasarana yang ada termasuk untuk laporan pengambilan sampel sehingga tidak hanya di rumah sakit rujukan.

Selain rumah sakit, pemerintah juga melakukan kerja sama dalam laboratorium. Beberapa jejaring laboratorium bisa juga melakukan pemeriksaan Covid-19. "Ini adalah jejaring laboratorium Siloam, jejaring laboratorium Kalbe, dan jejaring laboratorium Bunda grup," terang Yuri.

Baca Juga: Ada 55 kasus corona baru di Indonesia hari ini, jadi rekor kenaikan harian tertinggi

Dengan kerja sama tersebut diharapkan deteksi dini Covid-19 bisa cepat dilakukan. Sehingga penemuan kasus positif bisa dilakukan secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi