Pemerintah India Menyelidiki Netflix Atas Pelanggaran Visa dan Diskriminasi Rasial



KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Pemerintah India sedang menyelidiki praktik bisnis operasi lokal raksasa streaming AS Netflix, termasuk tuduhan pelanggaran visa dan diskriminasi rasial, menurut email pemerintah yang dikirim ke mantan eksekutif.

Mengutip Reuters, Minggu (22/9), rincian investigasi India disertakan dalam email tertanggal 20 Juli, yang ditinjau oleh Reuters, yang ditulis oleh pejabat Kementerian Dalam Negeri kepada mantan direktur urusan bisnis dan hukum Netflix untuk India, Nandini Mehta, yang meninggalkan perusahaan tersebut pada tahun 2020.

"Ini terkait dengan masalah pelanggaran visa dan pajak terkait praktik bisnis Netflix di India," tulis pejabat India Deepak Yadav dari Kantor Registrasi Regional Orang Asing (FRRO) Kementerian Dalam Negeri di New Delhi.


Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi India Melambat, Tapi Tetap Menjadi yang Tercepat di Dunia

"Kami telah menerima perincian tertentu terkait hal ini sehubungan dengan perilaku perusahaan yang disebutkan, pelanggaran visa, struktur ilegal, penghindaran pajak, dan malpraktik lainnya termasuk insiden diskriminasi rasial yang telah dilakukan perusahaan tersebut saat menjalankan bisnisnya di India," tambahnya.

Dalam pernyataan melalui email, Mehta mengatakan bahwa dia sedang mengajukan gugatan hukum di AS terhadap Netflix atas dugaan pemutusan hubungan kerja yang salah serta diskriminasi rasial dan gender. Namun tuduhan itu dibantah oleh perusahaan tersebut.

Mehta mengatakan bahwa ia menyambut baik penyelidikan India dan berharap pihak berwenang mengumumkan temuan mereka, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut tentang tuduhan yang dibuat oleh pemerintah.

Yadav menolak berkomentar, dengan mengatakan bahwa ia tidak berwenang untuk berbicara kepada media. FRRO dan Kementerian Dalam Negeri India tidak menanggapi pertanyaan Reuters.

Seorang juru bicara Netflix mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak mengetahui adanya penyelidikan oleh pemerintah India.

Email pejabat India tersebut menunjukkan meningkatnya pengawasan terhadap Netflix di India, yang memiliki sekitar 10 juta pengguna dan yang dianggapnya sebagai pasar yang berkembang di mana perusahaan-perusahaan menargetkan orang-orang kaya di negara berpenduduk 1,4 miliar orang tersebut.

Selama bertahun-tahun, raksasa streaming AS tersebut telah mengembangkan lebih banyak konten lokal yang menampilkan aktor-aktor Bollywood.

Netflix juga sering menghadapi kecaman di India atas kontennya yang dianggap tidak sensitif oleh beberapa pengguna. 

Baca Juga: India Dilanda Gelombang Panas Ekstrem

Bulan ini, Netflix terpaksa menambahkan pernyataan sanggahan baru pada serial India tentang pembajakan pesawat setelah kemarahan media sosial dan kemarahan pemerintah atas apa yang mereka katakan sebagai pembajak Muslim yang ditampilkan sebagai orang Hindu.

Mencari Dokumen, Gugatan Hukum AS

Meskipun diketahui bahwa Netflix sejak tahun 2023 menghadapi tuntutan pajak India, keberadaan penyelidikan yang lebih luas terhadap tuduhan termasuk kepatuhan visa dan diskriminasi rasial belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Email pemerintah India tidak menjelaskan secara rinci lembaga mana yang sedang menyelidiki masalah yang berkaitan dengan Netflix. 

FRRO bekerja sama erat dengan Biro Intelijen Kementerian Dalam Negeri, badan intelijen dalam negeri, dan merupakan lembaga utama yang menyelidiki kepatuhan visa orang asing dan izin untuk mengunjungi apa yang disebut wilayah sensitif.

Tahun lalu, India menuduh pemain ponsel pintar China Vivo dan afiliasinya di India karena melanggar aturan visa dengan mengunjungi wilayah sensitif tertentu tanpa izin. 

India mengklasifikasikan bagian dari negara bagian tertentu seperti Jammu & Kashmir di utara dan Sikkim di timur sebagai wilayah terlarang.

Baca Juga: CEO Nvidia Jensen Huang Terpental dari Klub US$100 Miliar: Kekayaannya Turun Drastis

FRRO juga bertindak sebagai penghubung dalam hal-hal yang berkaitan dengan orang asing dengan kantor pemerintah lainnya.

Mehta bekerja di kantor perusahaan di Los Angeles dan Mumbai dari April 2018 hingga April 2020, menurut profil LinkedIn-nya.

Email pemerintah India memintanya untuk memberikan detail/dokumen karena dia adalah mantan eksekutif hukum perusahaan tersebut.

Pada tahun 2021, Mehta menggugat Netflix di Pengadilan Tinggi Los Angeles County di California atas dugaan pemutusan hubungan kerja yang salah dan diskriminasi rasial dan gender, di antara hal-hal lainnya, sebagaimana ditunjukkan dalam berkas pengadilan AS.

Di pengadilan AS, Netflix telah membantah setiap tuduhan dan mengatakan dalam pernyataannya bahwa Mehta dipecat karena berulang kali menggunakan kartu kredit perusahaannya untuk pengeluaran pribadi senilai puluhan ribu dolar.

Mehta mengatakan dia akan terus memperjuangkan keadilan. Kasusnya akan disidangkan pada hari Senin di Los Angeles.

Selanjutnya: Jawa Tengah Waspada Bencana, Simak Peringatan Dini Cuaca Besok (23/9) Hujan Deras

Menarik Dibaca: Jawa Tengah Waspada Bencana, Simak Peringatan Dini Cuaca Besok (23/9) Hujan Deras

Editor: Herlina Kartika Dewi