Pemerintah kembali gelar Trade Expo Indonesia



JAKARTA. Pemerintah akan kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-25 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara ini akan berlangsung tanggal 13-17 Oktober mendatang.

Ajang pameran perdagangan ini akan mengusung tema Remarkable Indonesia. “Tema ini akan menceritakan perjalanan TEI dengan menampilkan produk ekspor dari masa ke masa,” kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu Jumat lalu (1/10).

Mari menjelaskan agenda utama TEI 2010 adalah merampungkan revitalisasi yang dimulai pada 5 tahun yang lalu. Dia berharap TEI dapat memenuhi kualifikasi sebagai pameran berstandar internasional yang mempunyai kredibilitas.


Pada TEI kali ini, penyelenggara menargetkan transaksi bisnis sebesar US$ 300 juta. Sebagai perbandingan tahun lalu, penyelenggara berhasil mencatat transaksi bisnis sebesar US$ 285,4 juta.

Untuk mengejar target tersebut, panitia telah melakukan kerjasama dengan kantor perwakilan di luar negeri, Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC), serta sosialisasi pameran di Kedutaan Besar negara tujuan ekspor yang ada di Jakarta. Kerjasama ini bertujuan menjaring pembeli yang berkualitas.

Kantor perwakilan di luar negeri, Atase Perdagangan maupun ITPC, mendapat target khusus untuk mendatangkan buyer ke TEI 2010. Di dalam negeri, panitia mencari pelaku ekspor berpotensi sambil membina eksportir-eksportir yang telah terlebih dahulu mengikuti TEI, serta melakukan persiapan matang agar dapat menghadirkan forum-forum bisnis yang tepat dan bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can