Pemerintah prioritaskan dua ruas tol Sumatera



JAKARTA. Pemerintah putuskan prioritaskan membangun tol Trans Sumatera untuk dua ruas jalan. Jalan bebas hambatan itu akan menghubungkan daerah di Lampung hingga Aceh.
 
Awalnya pemerintah berniat membangun 23 ruas, lalu kemudian menjadi empat ruas saja dan sekarang target tersebut diturunkan kembali menjadi dua ruas.
 
Menteri Pekerjaann Umum Djoko Kirmanto mengatakan dasarnya memang akan dibangun empat ruas Tol Trans Sumatera tapi sekarang diprioritaskan hanya dua ruas. “Prioritasnya sekarang di Palembang-Indralaya dan Medan – Binjai,” kata Djoko, di Gedung Balai Bendungan, Kamis (14/8).
 
Kesepakatan itu didapat dari rapat koordinasi yan telah dilakukan pemerintah. Tol yang seluruh pekerjaanya dikerjakan oleh PT Hutama Karya ini hanya akan memprioritaskan dua ruas tersebut. Sebelumnya, keempat ruas yang akan diprioritaskan antara lain Medan – Binjai sepanjang 16,8 kilometer, Palembang – Indralaya sepanjang 22 kilometer, Pekanbaru – Dumai 135 kilometer, Bakauheni – Terbangtiggi Besar 150 kilometer. Program pembangunan jalan tol direncanakan berlangsung sampai 2025 dan tol ini akan melewati sekitar 9 provinsi.
 
Setelah ini, akan dilakukan sidang kabinet bersama Presiden SBY setelah peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang. Sementara untuk perubahan anggaran dari PIP ke PMN menjadi kewenangan Kementerian Keuangan. 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Yudho Winarto