Pemerintah Tambah Kuota ORI023 Lagi, Bank Mandiri Optimistis Bakal Terjual Habis



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Mandiri mencatatkan perolehan penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023 lebih dari Rp 3,5 triliun sejak awal periode pemesanan sampai dengan 17 Juli 2023. Hingga Selasa (18/7) pagi, nilai pemesanan ORI023 secara nasional menembus Rp 26,56 triliun, melampaui target awal pemerintah yang senilai Rp 20 triliun.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, sebagai mitra distribusi, Bank Mandiri akan terus melakukan pemasaran ORI023 sampai berakhirnya masa penawaran pada 20 Juli 2023. Bank Mandiri positif bahwa penjualan akan terus bertambah dalam beberapa hari ke depan sampai tanggal penutupan.

Perlu diketahui, pemerintah sudah dua kali menambah kuota nasional pemesanan ORI023. Pada hari ini, Selasa (18/7), pemerintah meningkatkan kuotanya menjadi Rp 28,9 triliun, naik dari Kamis pekan lalu (13/7) sebesar Rp 25 triliun dan dari target awal Rp 20 triliun.


"Melihat animo investor sejak diluncurkannya ORI023 sampai saat ini, Bank Mandiri yakin bahwa kuota tambahan ini akan terjual habis," kata Rudi kepada Kontan.co.id, Selasa (18/7).

Baca Juga: Nilai Penerbitan Obligasi Secara Nasional Turun pada Semester I, Apa Penyebabnya?

Rudi menyampaikan, sejak Bank Mandiri meluncurkan fitur SBN di aplikasi Livin’ by Mandiri, persentase investor berusia muda dibandingkan keseluruhan investor semakin lama semakin bertambah. "Kami mengharapkan ke depannya semakin banyak lagi milenial yang membeli SBN ritel melalui aplikasi Livin’ by Mandiri," ucap Rudi.

Sepanjang tahun 2023, terdapat empat produk SBN ritel yang telah diluncurkan pemerintah, yaitu SBR012, SR018, ST010, dan ORI023. Dari produk-produk tersebut, Bank Mandiri telah menyalurkan hampir Rp 12 triliun dan masih akan terus bertambah.

Dalam upaya mendorong minat investor, Bank Mandiri melakukan beberapa strategi promosi. Salah satunya melalui media iklan yang berbasis online, termasuk mengoptimalisasikan saluran komunikasi Bank Mandiri seperti media sosial resmi dan pemasangan iklan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Bank Mandiri juga menyelenggarakan berbagai webinar dan sosialiasi di dalam dan luar negeri untuk mengedukasi nasabah terkait produk SBN ritel. Berbagai program menarik juga telah disiapkan untuk mendorong nasabah melakukan pembelian SBN ritel melalui Livin’ by Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi