Pemindahan ASN ke IKN, Menpan RB: Keputusan di Tangan Pemerintahan Baru



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur kemungkinan akan diputuskan oleh pemerintahan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. 

Meski begitu, saat ini Kemenpan RB telah menyiapkan sejumlah skenario terkait pemindahan itu. 

"Iya, tentu ini keputusan di pemerintah yang baru, ya, untuk memutuskan ini. Tapi kami telah siapkan skenario terkait dengan pemindahan itu," ujar Anas saat memberikan keterangan pers usai menghadiri acara SAKIP Award 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2024). 


"Kemenpan RB telah siapkan plan a, b, c," tegasnya. 

Hingga saat ini, lanjut Anas, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut soal pemindahan ASN ke IKN dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Bangun 521 Infrastruktur Transportasi

Hanya saja, persiapan untuk pemindahan terus dimatangkan. Termasuk untuk fasilitas tempat tinggal dan perkantoran.

Anas juga mengungkapkan, Presiden Jokowi telah meminta agar seluruh ekosistem pendukung ASN di IKN dituntaskan. Misalnya, saat ini sebanyak 500 unit kamar apartemen untuk tempat tinggal ASN telah siap dihuni. 

Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan di IKN juga masih berlanjut sehingga situasi di lapangan terkadang masih berdebu. 

"Begitu juga terkait sistem digital yang perlu dituntaskan. Sehingga sesungguhnya kami sudah siapkan dan sudah siap beberapa unit apartemen untuk ASN yang akan pindah, tapi atas arahan yang baru (arahan Presiden) supaya ini disempurnakan, maka nanti kita sempurnakan ketika mereka sudah siap semua dipindahkan ke IKN," kata Anas. 

Sebelumnya, Menteri Anas mengatakan, sebanyak 1.700 ASN bakal mulai dipindahkan ke Ibu IKN di Kalimantan Timur mulai Oktober 2024. 

Jumlah tersebut disesuaikan dengan hunian yang telah siap di ibu kota baru tersebut. Dia menyebutkan, sebanyak 47 tower akan selesai pada Oktober 2024. 

"Berbagai skenario by name by address telah kami siapkan, tentunya kami menyesuaikan dengan hunian yang disiapkan di IKN ini. Dari Hunian yang disiapkan insya Allah sampai Oktober akan selesai 47 tower sebagian ini 12 tower untuk TNI Polri, sebagian untuk ASN," kata Anas dalam keterangannya sebelum sidang kabinet paripurna di IKN, Senin (12/8/2024). 

Anas menuturkan, ribuan ASN yang bakal dipindah itu berdasarkan skenario tanpa berbagi hunian. Jika dengan skenario berbagi hunian, ada 3.200 ASN yang bisa dipindahkan.

Baca Juga: PUPR Sebut Korea Selatan Tertarik Proyek Tol Bawah Laut IKN

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemindahan ASN ke IKN, Menpan RB: Keputusan di Pemerintah yang Baru...", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/10/02/143847026/pemindahan-asn-ke-ikn-menpan-rb-keputusan-di-pemerintah-yang-baru.

Selanjutnya: Nonton Anime Dandandan di Mana? Berikut Sinopsis, Jadwal dan Streaming yang Legal

Menarik Dibaca: Ini Cara Cerdas Generasi Muda Agar Tak Turun Kelas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati