KONTAN.CO.ID - Pemberdayaan IKM (Industri Kecil Menengah) di Kabupaten Bandung sejalan dengan optimisme pemerintah yang mengatakan usaha ekonomi berbasis kerakyatan mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja nasional, serta menghimpun hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia. Di Jawa Barat sendiri, IKM tercatat terus memegang peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah, yakni kontribusinya pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 57,14% pada tahun 2022. Bahkan di Kabupaten Bandung, kehadiran produk-produk IKM sangat terasa kontribusinya dalam mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) setempat, dari sebelumnya -1,87% di masa pandemi COVID-19 menjadi 5,62% saat ini. Pemkab Bandung menyadari bahwa guna mendorong pertumbuhan IKM Bandung diperlukan akses ke pemasaran digital dengan mitra yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan tim yang berdedikasi pada penguatan produk lokal. Sehingga pada akhirnya IKM Bandung dapat membangun bisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing di pasar.
Menyadari semangat yang sama inilah, Pemerintah Kabupaten Bandung, bekerjasama dengan PT Global Digital Niaga, Tbk (‘Blibli’; ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) dan Kabandung Creative Hub (KBCH) dalam mengkurasi IKM terpilih se-Kabupaten Bandung yang saat ini dapat ditemui di laman khusus kabandungshop.com. Peluncuran Kabandungshop.com dilaksanakan pada 13 Juli 2023 di mana laman khusus tersebut tersambung dengan ekosistem omnichannel commerce Blibli dan menawarkan kurasi berbagai produk kuliner, makanan kemasan, dan fesyenberkualitas yang 100% asli buatan para pelaku IKM di Kabupaten Bandung. DR.H.Dadang Supriatna S.Ip,M.Si selaku Bupati Bandung didampingi oleh Kadis Disperdagin Dicky Nugraha SH.M.Si mengatakan, “Mewakili Pemerintah Kabupaten Bandung, saya sangat mengapresiasi dukungan nyata Blibli terhadap perkembangan sektor IKM di Tanah Pasundan. Kolaborasi yang dilakukan bersama Blibli selaras dengan salah satu dari tiga pilar utama pembangunan IKM Kabupaten Bandung, yakni peningkatan kapasitas. Diharapkan lewat peluncuran laman khusus Kabandungshop.com, dukungan transfer pengetahuan dan pengalaman dari Blibli, dan dukungan promosi, memungkinkan para IKM di Kabupaten Bandung mampu mengatasi berbagai tantangan yang kerap menghambat laju mereka, seperti pengelolaan usaha yang masih tradisional dan rendahnya literasi pemasaran digital.” Sementara itu Rafido Alvano Wijaya, Merchandising Lead Lifestyle Blibli Jawa Barat menambahkan, “Sinergi Blibli dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dan Kabandung Creative Hub (KBCH) ini diperkuat dengan kemudahan fitur-fitur yang ada di Blibli seperti pengiriman cepat dan gratis ongkir, jadi konsumen bisa mendapatkan produk pilihan mereka dengan lebih cepat dan terjangkau melalui dukungan ekosistem omnichannel perseroan yang kuat dan inklusif. Dengan semakin banyak produk lokal yang bergabung di Kabandungshop.com, maka hal ini sejalan dengan strategi hyperlocal Blibli di area Jawa Barat. Di mana Blibli bersama masyarakat Bandung turut berkontribusi pada pertumbuhan IKM setempat serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan memiliki resiliensi tinggi.” IKM Kabupaten Bandung maju, konsumen puas belanja Kolaborasi Blibli dan Pemkab Bandung dalam peluncuran Kabandungshop.com sejalan dengan dukungan berkelanjutan perseroan terhadap program Jaringan Warga Jabar Sejahtera (Jabar Jawara), yang merupakan pusat informasi seputar lowongan pekerjaan, pengembangan diri, pendidikan, hingga pemberdayaan UMKM di Provinsi Jawa Barat. Dalam acara peluncuran tersebut, Blibli turut menghadirkan layanan Click & Collect saat sesi live shopping yang digelar pada halaman Kabandungshop.com. Dengan layanan tersebut, pelanggan bisa leluasa memilih dan membayar produk yang dibeli melalui ragam metode pembayaran yang tersedia, dan kemudian mengambilnya di toko mitra ataupun titik pengambilan yang terdaftar. Untuk opsi pengiriman ke alamat tujuan, pelanggan yang bertransaksi di Kabandungshop.com juga dapat memanfaatkan peluang gratis ongkos kirim (ongkir). Bahkan sepanjang bulan Juli-Agustus 2023, pelanggan dimanjakan dengan potongan harga menarik di IKM pilihan. Merespon inisiatif ini, Wahyu Frayudha selaku Ketua KaBandung Creative Hub (KBCH) mengatakan, “Kami bangga dapat terlibat dalam program pemberdayaan IKM Bandung hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dan Blibli. Harapannya, kerjasama yang melahirkan peluang usaha ini dapat menjadi pembakar semangat untuk para pemilik IKM, sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian di Jawa Barat.” Untuk memiliki produk unggulan IKM Pemkab Bandung, silakan kunjungi kabandungshop.com Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) Didirikan tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terdepan di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital. Platform perdagangan (commerce) yang dimiliki Perseroan – Blibli, mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara daring melalui layanan e-commerce dan secara luring dengan mengoperasikan 142 toko-toko fisik untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka. Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 30.800 toko yang mengadopsi fitur omnichannel, yakni Blibli InStore dan Click & Collect, didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman pihak pertama (1PL) secara langsung melalui layanan logistik milik Perseroan – BES Paket dan bekerja sama dengan berbagai mitra logistik pihak ketiga (3PL). Blibli menempati peringkat pertama kategori B2C Omnichannel 1P consumer electronics dan fresh products menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7 berkelas dunia.
Pada tahun 2017, Perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (tiket.com) untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk (“Ranch Market”; BEI: “RANC”) – perusahan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market. Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu (unified omnichannel ecosystem) yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com dan Ranch Market di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen. Pada tahun 2022, saham Perseroan resmi melantai dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) dengan kode saham "BELI".
Baca Juga: Serbu Hematnya Cashback Jutaan Hanya di Blibli Pay Day (BPD) dari 25-28 Juni 2023 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti