Penambahan kasus corona di Korea Selatan pecahkan rekor



KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan melaporkan rekor kasus harian COVID-19 sebesar 5.352 baru dan 70 kematian pada hari ini. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) juga melaporkan adanya sembilan kasus varian Omicron secara nasional yang telah dikonfirmasi.

Pemerintah pada hari Jumat mengumumkan bahwa orang yang mengunjungi restoran, bioskop, dan ruang publik lainnya harus menunjukkan izin vaksin. Mereka juga mengurangi batas pertemuan pribadi menjadi enam orang di wilayah Seoul dari sebelumnya 10 orang mulai Senin depan.

Tingkat rawat inap di Korea Selatan meningkat pesat dipimpin oleh kasus COVID-19 yang parah, dengan jumlah pasien serius dan kritis mencapai 752 pada hari Jumat.

Baca Juga: Amerika Serikat sebut keberadaan militer Rusia di perbatasan Ukraina mengancam

Korea Selatan juga telah mengkonfirmasi tiga kasus Omicron tambahan, sehingga total menjadi sembilan kasus setelah pasangan yang sudah divaksin lengkap dinyatakan positif varian tersebut setelah bepergian dari Nigeria pada minggu lalu.

Untuk menangkis varian baru, pihak berwenang pada hari Jumat mengumumkan persyaratan karantina wajib 10 hari untuk semua pelancong yang datang selama dua minggu terakhir.

Korea Selatan telah berjuang melawan gelombang infeksi terburuk sejak Juli, ketika kasus harian mencapai di bawah 2.000 sampai pemerintah beralih ke konsep "hidup dengan COVID-19". 

Jumlah kasus mencapai 5.000-an untuk pertama kalinya pada minggu ini sekaligus membebani sistem perawatan kesehatan.

Editor: Tendi Mahadi