Pencairan dana desa Rp 1 M bertahap mulai April



TANGERANG. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mendatangi Desa Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, menjelang pemberian bantuan Rp 1 miliar per desa yang akan disalurkan bertahap.

Marwan mengatakan, Desa Pagedangan masuk dalam delapan besar desa terbaik tingkat nasional sebagai percontohan, yang juga akan mendapat dana Rp 1 miliar. Selain itu, Desa Pagedangan juga dikenal sebagai desa mandiri karena telah membentuk dewan desa dan memiliki badan usaha milik desa (Bumdes).

"Kita ingin melihat mengenai pembentukan dewan desa dan sebagaianya. Apalagi sudah ada badan usahanya sendiri. Sangat bagus sekali," kata Marwan, Jumat (9/1).


Marwan berharap seluruh desa memiliki wadah seperti di Desa Pagedangan. Misalnya saja tempat pengolahan sampah sementara (TPST) dan lokasi kuliner yang dikelola oleh desa bersama masyarakat.

"Ini bisa menjadi contoh desa lain agar bisa melakukan hal serupa," ucap politisi PKB tersebut.

Sedangakan mengenai pemberian dana untuk setiap desa sebesar Rp 1 miliar, akan dilaksanakan secara bertahap mulai bulan April. "Pemberiannya akan dilakukan secara bertahap," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto