Pendaftaran Seleksi PPPK Tahap I Segera Berakhir, Ini Pesan BKN Agar Lolos Seleksi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I akan segera ditutup pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Pengumuman ini disampaikan melalui unggahan di akun Instagram resmi BKN, @bkngoidofficial, Kamis, (17/10/2024). 

"Tiga hari lagi penutupan pendaftaran seleksi PPPK periode I," sebut BKN. "Hindari mendaftar dengan sistem kebut semalam," pesan BKN. 


Seleksi pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2024 telah dibuka sejak 1 Oktober 2024 dan dibagi menjadi dua periode pendaftaran. 

Pendaftaran periode I berlangsung dari 1 hingga 20 Oktober 2024 dan ditujukan bagi pelamar prioritas, termasuk Pelamar Prioritas Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023, Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) yang sesuai dengan database BKN, serta tenaga non-ASN yang terdaftar dalam database BKN. 

Pendaftaran periode II akan dimulai pada 17 November hingga 31 Desember 2024, yang diperuntukkan bagi pelamar tenaga non-ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan PPG untuk formasi guru di instansi daerah. 

Sebelumnya, Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa seleksi PPPK tidak menggunakan sistem nilai ambang batas (passing grade).

Baca Juga: Cara Cetak Kartu Ujian Tes SKD CPNS 2024 di Sscasn.bkn.go.id dan Ketentuannya  

"Pelamar seleksi PPPK dinyatakan lulus jika berperingkat terbaik," ujarnya dalam siaran pers di laman resmi Kemenpan RB pada Rabu, 2 Agustus 2024. 

Anas menjelaskan bahwa dalam seleksi PPPK terdapat dua tahapan: seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. 

Seleksi kompetensi bertujuan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural pelamar dengan standar kompetensi jabatan. 

Setelah itu, akan ada tes wawancara berbasis komputer untuk menilai integritas dan moralitas peserta. 

Menteri Anas juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, pemerintah telah menetapkan formasi terbesar untuk seleksi PPPK, yaitu sebanyak 1.031.554 dari total 1.280.547 formasi CASN 2024, berdasarkan data per 22 Agustus 2024. 

Baca Juga: Pantau Nilai Ujian, Ini Link Live Skor SKD CPNS 2024 di YouTube BKN

Anas menegaskan bahwa besarnya formasi PPPK yang dialokasikan merupakan upaya untuk menyelesaikan penataan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran Seleksi PPPK Tahap I Segera Berakhir, BKN: Hindari Sistem Kebut Semalam"

Selanjutnya: Bursa Asia Mixed, Investor Cermati Rilis Data Ekonomi China

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Naik Rp 7.000 Hari Ini 18 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie