KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) mencatat lonjakan pertumbuhan kinerja di awal tahun. Pendapatan bersih anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids, dan leisure untuk kuartal pertama 2023 tercatat sebesar Rp 2,7 triliun, meningkat 42,1% dari Rp 1,9 triliun di tahun 2022. Margin laba kotor MAPA naik sebesar 360 bps dari tahun sebelumnya menjadi 49,2% dari 45,6%. Laba usaha melonjak 58,3% menjadi Rp 367 miliar dari Rp 232 miliar. Sedangkan EBITDA MAk Aktif naik dari Rp 387 miliar menjadi Rp 549 miliar. Sementara laba bersih Mak Aktif meningkat 62,1% menjadi Rp 276 miliar dari Rp 170 miliar pada kuartal pertama 2022.
Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyampaikan, kondisi pasar yang membaik setelah pencabutan kebijakan PPKM di akhir tahun 2022 mendorong tingginya permintaan pelanggan terhadap brand kelas dunia. Hal ini mendukung pertumbuhan di seluruh kanal, kategori, dan pasar. Baca Juga: Pendapatan Mitra Adiperkasa (MAPI) Melonjak 32,5% di Kuartal I-2023 "Untuk menghadapi periode Lebaran, kami mempersiapkan inventory dalam mengantisipasi meningkatnya penjualan,” kata Ratih dalam siaran pers, Jumat (28/4). MAPA melanjutkan investasi dalam platform terintegrasi omni-channel yang mencakup semua jalur distribusi. Penjualan dari kanal digital tumbuh 17,2% YoY, berkontribusi sebesar 9,1% dari total penjualan pada kuartal pertama 2023. Di masa yang akan datang, MAPA akan mempercepat strategi Regional Brand Commerce, bekerja sama dengan brand eksklusif perusahaan dan mitra pilihan untuk mendorong penjualan melalui jaringan ritel omni-channel. Selain itu, MAPA akan terus menyempurnakan sistem data analytics untuk memberikan merchandise mix yang lebih baik. Baca Juga: Map Aktif Adiperkasa (MAPA) Raup Pendapatan Bersih Rp 9,80 Triliun pada 2022