Pendapatan dan Laba Wir Asia (WIRG) Kompak Tumbuh pada Semester I-2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wir Asia Tbk (WIRG) menunjukkan kinerja positif dengan meraih pendapatan sebesar Rp 1,27 triliun pada semester I-2024. Angka ini meningkat 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencatatkan pendapatan Rp 1,24 triliun. 

Kinerja ini mencerminkan keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan solusi digital berbasis platform yang berkelanjutan.

Pendapatan WIRG mayoritas dikontribusikan oleh segmen solusi platform digital sebesar Rp 1,18 triliun, mengalami kenaikan 2,5% dibandingkan Rp 1,15 triliun pada semester I-2023. 


Solusi platform digital mencakup penjualan barang dan komisi transaksi melalui platform, serta segmen promosi dan iklan via platform.

Namun, segmen pendapatan dari bespoke solutions mengalami penurunan 4% menjadi Rp 89,1 miliar dibandingkan Rp 92,7 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: WIR Group (WIRG) Meraup Laba Rp28,9 miliar pada Kuartal I 2024

Strategi Bisnis

Direktur Utama Wir Asia, Stephen Budiman, mengungkapkan bahwa sepanjang semester pertama 2024, WIRG terus meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya melalui unit bisnis AR&Co dan DMID yang fokus menyediakan layanan bespoke solution.

Selain itu, unit bisnis Mindstores, DAV, Minar, serta Nusameta fokus dalam menyediakan solusi platform digital.

“Pertumbuhan ini menunjukkan keberhasilan perseroan dalam melakukan ekspansi solusi digital berbasis platform yang berkesinambungan serta pengelolaan beban yang efektif dan efisien,” ungkap Stephen dalam keterangan resmi, Senin (29/7).

WIRG membukukan beban pokok pendapatan sebesar Rp 1,11 triliun per semester I-2024, naik 2,1% dari periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini sejalan dengan naiknya pendapatan, khususnya dari solusi platform digital.

 
WIRG Chart by TradingView

Perusahaan berhasil membukukan EBITDA positif sebesar Rp 90,3 miliar pada semester pertama 2024, meningkat 26,3% dari Rp 71,4 miliar pada semester pertama 2023. Pada saat yang sama, margin EBITDA juga meningkat menjadi 7,1% dari sebelumnya 5,7%.

“Kinerja positif ini sejalan dengan pertumbuhan pendapatan serta efisiensi beban operasional perseroan sepanjang semester pertama 2024 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ini menunjukkan keberhasilan perseroan dalam menjalankan inisiatif strategi pertumbuhan dan pengelolaan sumber daya yang efisien,” jelas Stephen.

Hingga akhir Juni 2024, WIRG berhasil membukukan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp 52,4 miliar, meningkat 51,3% dibandingkan laba bersih pada akhir Juni 2023 yang senilai Rp 34,7 miliar. 

Selanjutnya: Hyundai Motor Group Mulai Kembangkan Bisnis Advanced Air Mobility di Indonesia

Menarik Dibaca: 30 Inspirasi Ucapan Hari Persahabatan Internasional untuk Dikirim ke Bestie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .