Pendapatan Premi Asuransi Marine Cargo Great Eastern Naik 36% per Kuartal III-2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Great Eastern General Insurance Indonesia (GEGI) mencatatkan kinerja positif dari lini asuransi marine cargo. Mengenai hal itu, Marketing Director Great Eastern General Insurance Indonesia Linggawati Tok mengatakan perusahaan telah meraih pendapatan premi dari asuransi marine cargo sebesar Rp 94 miliar sampai kuartal III-2024.

"Nilai itu meningkat 36%, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (8/10).

Linggawati menyebutkan, pertumbuhan premi yang cukup signifikan itu didukung oleh peningkatan volume pengiriman kargo baik domestik maupun ekspor-impor. Adapun pengiriman kargo domestik didominasi jenis kargo kebutuhan pokok seperti beras, gula, serta produk-produk makanan dan minuman, sedangkan kargo ekspor-impor didominasi oleh barang-barang berupa bahan makanan dan olahan, mesin-mesin industri, material kontruksi, serta hasil pertambangan ke kawasan Asia, Pasifik, Amerika, dan Eropa.


Lebih lanjut, Linggawati menyebut Great Eastern sangat optimistis dengan prospek asuransi marine cargo ke depannya. Hal itu seiring dengan meningkatnya kebutuhan domestik rumah tangga dan investasi atau pembukaan kawasan industri baru di Indonesia. 

Baca Juga: Tarif Premi Asuransi Gempa Diminta Naik

"Dengan meningkatnya arus barang ekspor dan impor dari dan ke Indonesia, tentu juga akan meningkatkan kebutuhan asuransi marine cargo," tuturnya.

Linggawati menyampaikan dengan kenaikan premi yang signifikan pada tahun ini, Great Eastern optimistis bisa mempertahankan tren positif sampai akhir tahun. Dia mengatakan Great Eastern memproyeksikan perolehan premi dari asuransi marine cargo bisa tembus Rp 130 miliar pada 2024. 

Oleh karena itu, Linggawati berharap kondisi geopolitik makin stabil dan aman, sehingga perolehan premi asuransi marine cargo bisa lebih meningkat lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Sebagai informasi, data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat pendapatan premi lini asuransi marine cargo per semester I-2024 sebesar Rp 2,78 triliun. Nilai itu meningkat 10,2%, jika dibandingkan periode sama tahun lalu.

Selanjutnya: Ekonomi Indonesia Tetap Stabil di Tengah Guncangan Global, Ini Kata Sri Mulyani

Menarik Dibaca: Promo 10.10 CFC Oktober Deals 2024, Paket Ayam dan Nasi Rp 14.545

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati