Pendapatan SSIA turun 22% tahun lalu



JAKARTA. PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) mencatatkan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 3,7 triliun di tahun 2016 atau turun 22% apabila dibandingkan dengan pendapatan perseroan di tahun 2015 yang lalu sebesar Rp 4,8 triliun.

"Penurunan pendapatan tersebut terutama disebabkan oleh penurunan pendapatan dari unit usaha konstruksi yaitu 30,1% dibandingkan tahun buku 2015," kata manajemen SSIA dalam keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, Jumat (7/4).

Di bidang konstruksi, perseroan memaparkan beberapa alasan mengapa terjadi penurunan pendapatan yang begitu drastis seperti beberapa relaksasi bagi sektor properti yang belum diterjemahkan ke dalam keseluruhan proyek-proyek pembangunan. Sementara itu, di bidang properti pelemahan terjadi karena masih lemahnya pasar properti meski sedikit demi sedikit sedang mengalami pemulihan.

Penurunan ini juga diiringi dengan penurunan laba bersih konsolidasi SSIA sebesar Rp 62,5 miliar di tahun 2016 atau turun sebesar 79,3% dibandingkan dengan perolehan laba perseroan di tahun 2015.

Perseroan bilang bahwa penurunan laba ini lantaran perolehan laba di seluruh unit usaha lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2015. Bahkan, entitas asosiasi bersama antara Lintas Marga Sedaya mencatatkan kerugian sebesar Rp 99,6 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto