KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah menerima 1.176 pengaduan dari Januari hingga 19 Oktober 2020. Dari jumlah tersebut, pengaduan terkait sektor e-commerce mengalami lonjakan yang besar. "Kalau kita lihat porsi dari 1.176 di 2020, maka saya ingin menyampaikan terjadi lonjakan pengaduan di sektor perdagangan melalui sistem elektronik. Angka 272 ini adalah kasus perdagangan melalui sistem elektronik, lonjakannya cukup tinggi di masa pandemi ini," terang Ketua BPKN Rizal E. Halim dalam Webinar Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju, Senin (2/11). Bila dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya, pengaduan sektor e-commerce tak sebanyak tahun ini. Pasalnya, pengaduan sektor e-commerce di tahun 2019 sebanyak 18 pengaduan, di tahun 2018 sebanyak 5 pengaduan dan di 2017 ada 10 pengaduan.
Pengaduan dari sektor e-commerce meningkat selama pandemi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah menerima 1.176 pengaduan dari Januari hingga 19 Oktober 2020. Dari jumlah tersebut, pengaduan terkait sektor e-commerce mengalami lonjakan yang besar. "Kalau kita lihat porsi dari 1.176 di 2020, maka saya ingin menyampaikan terjadi lonjakan pengaduan di sektor perdagangan melalui sistem elektronik. Angka 272 ini adalah kasus perdagangan melalui sistem elektronik, lonjakannya cukup tinggi di masa pandemi ini," terang Ketua BPKN Rizal E. Halim dalam Webinar Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju, Senin (2/11). Bila dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya, pengaduan sektor e-commerce tak sebanyak tahun ini. Pasalnya, pengaduan sektor e-commerce di tahun 2019 sebanyak 18 pengaduan, di tahun 2018 sebanyak 5 pengaduan dan di 2017 ada 10 pengaduan.