DENPASAR. Semakin tinggi pengetahuan masyarakat akan layanan perbankan, berbanding lurus daya kritis nasabah. Bank Indonesia (BI) mencatat, terjadi peningkatan pengaduan nasabah yang signifikan tiap tahun. Berdasarkan data Departemen Investigasi dan Mediasi Perbankan BI, pada tahun 2010 terdapat 679.000 pengaduan. Setahun kemudian bertambah menjadi 853.000 pengaduan. Dan tahun lalu, jumlah tersebut berjingkat lagi menjadi sekitar 884.000 pengaduan. Walhasil, bank sentral harus bekerja keras menjadi penengah. Sepanjang tahun 2012, BI telah menjadi mediator penuntasan sekitar 521 kasus.
Pengaduan nasabah perbankan semakin meningkat
DENPASAR. Semakin tinggi pengetahuan masyarakat akan layanan perbankan, berbanding lurus daya kritis nasabah. Bank Indonesia (BI) mencatat, terjadi peningkatan pengaduan nasabah yang signifikan tiap tahun. Berdasarkan data Departemen Investigasi dan Mediasi Perbankan BI, pada tahun 2010 terdapat 679.000 pengaduan. Setahun kemudian bertambah menjadi 853.000 pengaduan. Dan tahun lalu, jumlah tersebut berjingkat lagi menjadi sekitar 884.000 pengaduan. Walhasil, bank sentral harus bekerja keras menjadi penengah. Sepanjang tahun 2012, BI telah menjadi mediator penuntasan sekitar 521 kasus.