Pengembang properti geber proyek semester II



JAKARTA. Penjualan industri properti mulai meredup pada pertengahan tahun ini. Kondisi ini makin sepi lantaran masyarakat menggunakan dana untuk kebutuhan selama puasa, dan menyambut Lebaran.Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghada, saban tahunnya penjualan properti menyusut 25%-30% menjelang Lebaran. "Tahun ini penurunannya bisa lebih dalam lagi karena bertepatan dengan pemilihan presiden," ujarnya ketika dihubungi KONTAN, Rabu (2/7).Alhasil, pengembang juga menunda peluncuran maupun pembangunan proyek baru sebelum Lebaran. Alasannya lagi-lagi karena penjualan sedang tidak terlalu kencang.IPW sendiri mencatat penjualan properti pada kuartal I 2014 memang sudah anjlok hingga 49% menjadi Rp 2,35 triliun dibanding kuartal IV 2013. Kemerosotan penjualan terutama pada segmen menengah atas. Kondisi ini membuat pengembang harus bekerja keras mengejar target pada semester dua tahun ini.Satu pengembang yang merasakan efek Lebaran adalah PT Ciputra Development Tbk (CTRA). "Penjualan bisa melemah hingga 50%," ujar Tulus Santoso Brotosiswojo, Direktur dan Sekretaris Perusahaan Ciputra Development ke KONTAN, Rabu (2/7).Tahun ini, induk usaha PT Ciputra Property Tbk (CTRP) dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) ini memasang target marketing sales atau pendapatan penjualan Rp 10 triliun. Namun hingga Mei 2014, pengembang ini baru mengantongi penjualan properti Rp 3 triliun atau 30% dari target.Hasil pendapatan penjualan Ciputra ini menyusut 15% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Tulus berdalih, marketing sales memang minim karena belum ada proyek baru yang meluncur pada awal tahun ini. Selain itu, likuiditas bank juga sedang seret.Sentul City pun samaToh, Ciputra belum merevisi target marketing sales hingga akhir tahun ini. Tulus bilang, pihaknya bakal menggeber peluncuran proyek anyar di paruh kedua 2014.Ciputra memang sudah menyiapkan sejumlah proyek baru residensial dan komersial di Jakarta, Serang, Malang, Pontianak, Samarinda, hingga Bali.Selain Ciputra, PT Sentul City Tbk (BKSL) juga mengalami nasib serupa. Wakil Direktur Utama Sentul City Andrian Budi Utama bilang, biasanya siklus penjualan menurun 30%-40% jelang Lebaran.Tahun ini, Sentul City membidik penjualan Rp 2,5 triliun hingga akhir tahun. Ia memperkirakan sampai semester satu 2014, BKSL sudah meraup penjualan hampir Rp 1 triliun atau 40% dari target, naik tipis 2% dari periode serupa tahun lalu.

Andrian menuding faktor eksternal seperti pemilu dan loan to value (LTV) sebagai penyebab landainya penjualan rumah. Untuk menguber target penjualan, BKSL bakal lebih banyak melansir proyek baru pada semester dua tahun ini. "Kami akan meluncurkan beberapa kluster dan apartemen di kawasan Sentul City," ujar Andrian tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Yudho Winarto