Pengenaan Tarif EV Uni Eropa Menganggu Kerjasama Perdangan Tiongkok - Jerman



KONTAN.CO.ID - BEIJING. Menteri Perdagangan Tiongkok mengatakan pengenaan tarif Uni Eropa (UE) terhadap kendaraan listrik (EV) akan sangat mengganggu kerja sama perdagangan dan investasi serta merugikan Tiongkok dan Jerman.

Dalam pembicaraan pada hari Selasa dengan Wakil Kanselir Jerman dan Menteri Ekonomi Robert Habeck, Wang Wentao mengatakan ia berharap untuk mencapai solusi yang sejalan dengan aturan Organisasi Perdagangan Dunia sesegera mungkin, dan menghindari eskalasi ketegangan ekonomi dan perdagangan Tiongkok-UE, menurut pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Perdagangan Tiongkok pada hari Rabu pagi.

Komisi Eropa akan segera mengusulkan tarif akhir hingga 35,3% untuk EV yang dibuat di Tiongkok, di atas bea masuk mobil standar UE sebesar 10%.


Wang mengunjungi Eropa untuk membicarakan kasus anti-subsidi UE terhadap EV buatan Tiongkok menjelang pemungutan suara untuk tarif lebih lanjut. 

Wang mengatakan diharapkan Jerman akan melanjutkan kepentingannya sendiri dan mendorong Komisi Eropa dan Tiongkok untuk bekerja ke arah yang sama.

Habeck mengatakan Jerman mendukung perdagangan bebas, menyambut baik perusahaan otomotif dan suku cadang Tiongkok untuk berinvestasi di Eropa, dan akan mendesak Komisi Eropa untuk menemukan solusi yang tepat dengan Tiongkok dan melakukan segala upaya untuk menghindari konflik perdagangan, menurut pernyataan kementerian tersebut.

Baca Juga: Fasilitas Rahasia Rusia Siap Melanjutkan Uji Coba Nuklir Kapan Saja

Wang juga bertemu dengan Wolfgang Schmidt dari Kanselir Jerman di Berlin, menurut pernyataan terpisah yang dikeluarkan oleh kementerian perdagangan Tiongkok pada hari Rabu, di mana ia mengatakan kepada Schmidt bahwa Tiongkok bersikeras untuk menyelesaikan kasus anti-subsidi terhadap negara tersebut dengan benar melalui dialog dan konsultasi.

Tiongkok sangat kecewa setelah UE mengabaikan upaya Tiongkok, bersikeras memutuskan tarif bea masuk imbalan yang tinggi, dan buru-buru menolak solusi paket yang diusulkan oleh industri Tiongkok, kata Wang dalam pembicaraan tersebut.

Wang mengatakan Tiongkok tidak akan menyerah dan akan terus mengadakan konsultasi hingga saat-saat terakhir.

"Diharapkan bahwa Jerman, sebagai anggota inti Uni Eropa, akan mengambil peran utama dalam memainkan peran aktif dan mendesak Komisi Eropa untuk menunjukkan kemauan politik dan bekerja sama dengan Tiongkok untuk menyelesaikan kasus ini dengan baik," kata Wang, menurut pernyataan kedua dari Kementerian Perdagangan mengenai pembicaraan tersebut yang juga dirilis pada hari Rabu.

Baca Juga: Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek

Selanjutnya: Periksa Petunjuk Tukar Valas dan Kurs Dollar-Rupiah di BCA pada Rabu (18/9)

Menarik Dibaca: Studio Renang Berkomitmen Jadi Pusat Pendidikan Akuatik Terdepan

Editor: Tri Sulistiowati