Pengganti Gula untuk Diabetes yang Dapat Anda Jadikan Pilihan, Apa Saja ya?



MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa pilihan pengganti gula untuk diabetes. Cek daftarnya di sini, ya!

Bagi penderita diabetes, mengelola asupan gula sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Namun, ini bukan berarti Anda harus sepenuhnya menghindari rasa manis.

Pengganti gula atau pemanis alternatif bisa menjadi solusi yang tepat untuk menikmati makanan dan minuman manis tanpa harus khawatir tentang lonjakan gula darah.


Melansir dari Medical News Today dan Very Well Health, berikut ini beberapa pengganti gula untuk diabetes:

1. Stevia

Stevia berasal dari tanaman Stevia rebaudiana dan mengandung senyawa glikosida steviol yang membuatnya 300 kali lebih manis dari gula biasa. Pemanis ini bebas kalori dan tidak meningkatkan gula darah, tetapi bisa lebih mahal dan memiliki rasa pahit yang tidak disukai sebagian orang.

Baca Juga: Tinggi Gula, Ini Lho Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes Berlebihan

2. Xylitol

Xylitol adalah pemanis alami yang diekstraksi dari serat tumbuhan atau pohon birch. Rasanya mirip gula, tetapi mengandung 40% lebih sedikit kalori.

Xylitol memiliki dampak minimal pada kadar gula darah, sehingga menjadikannya aman untuk penderita diabetes. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, bisa menyebabkan efek pencahar.

3. Erythritol

Erythritol adalah pemanis nol kalori yang terjadi secara alami dalam buah dan sayuran. Pemanis ini tidak meningkatkan gula darah dan hanya memiliki 6% kalori dari gula biasa.

Meskipun aman, konsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Erythritol sering digunakan dalam produk yang dipanggang dan cocok untuk penderita diabetes karena stabil saat dipanaskan.

4. Monk Fruit

Monk fruit adalah pemanis alami yang populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Pemanis ini nol kalori dan tidak mempengaruhi kadar gula darah, sehingga ideal untuk penderita diabetes.

Monk fruit 150 kali lebih manis dari gula, sehingga hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil saat memasak atau memanggang.

Baca Juga: 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Jangan Dilewatkan ya!

5. Sucralose

Sucralose adalah pemanis buatan yang 600 kali lebih manis dari gula dan tanpa kalori. Pemanis ini tahan panas, cocok untuk memanggang, dan sering digunakan dalam berbagai produk makanan. Batas konsumsi harian sucralose adalah 5 mg/kg berat badan.

6. Saccharin

Saccharin adalah pemanis nol kalori yang 200–700 kali lebih manis dari gula. Meskipun sempat dikaitkan dengan risiko kanker, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemanis ini aman dikonsumsi. Batas aman harian untuk sakarin adalah 15 mg/kg berat badan.

7. Allulose

Allulose adalah pemanis rendah kalori yang ditemukan pada buah-buahan seperti kismis dan nangka. Pemanis ini 70% semanis gula, tetapi hanya memiliki 10% kalori dan tidak meningkatkan gula darah. Allulose cocok untuk digunakan untuk memanggang.

Baca Juga: Tak Pandang Usia, Ini Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda yang Patut Diwaspadai

8. Aspartame

Aspartame adalah pemanis buatan yang sekitar 200 kali lebih manis dari gula. Pemanis ini banyak digunakan dalam produk seperti soda diet, namun tidak cocok untuk pemanggangan karena tidak stabil pada suhu tinggi. Batas konsumsi harian aspartame sebesar 50 mg/kg berat badan.

9. Sirup Yacon

Sirup Yacon adalah pemanis alami yang berasal dari akar tanaman yacon. Pemanis ini kaya akan serat dan baik untuk kesehatan usus. Sirup yacon memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Pemanis ini sering digunakan sebagai pengganti madu atau molase dalam memanggang karena memberikan rasa manis yang kuat.

Baca Juga: Gula Darah Normal Laki-Laki Berapa ya? Yuk, Intip Jawabannya di Sini

Itulah beberapa pilihan pengganti gula untuk diabetes yang aman. Semoga bermanfaat, ya.

 

Selanjutnya: Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Aman Digunakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas