Pengguna layanan carrier billing Indosat meningkat



JAKARTA. Pasca mengumumkan layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play pada awal bulan ini, pelanggan Indosat yang memakai layanan ini terus bertumbuh.

Sekedar mengingatkan, melalui layanan ini, baik pelanggan prabayar maupun paskabayar dapat melakukan pembelian konten layanan digital di Google Play Store dengan menggunakan pulsa prabayar atau tagihan paskabayar mereka.

"Pelanggan Indosat cukup antusias dengan kehadiran layanan carrier billing ini. Penggunaannya terus bertumbuh pesat," kata President Director and CEO Indosat Alexander Rusli, akhir pekan kemarin.


Namun, Alex belum bisa menyebutkan detail angka pertumbuhan penggunaan layanan itu. Yang jelas kata dia, layanan ini membantu memudahkan pelanggan Indosat untuk membeli konten secara cepat, mudah dan aman.

"Banyak sekali pelanggan Indosat yang membeli gems untuk konten Clash of Clans. Permainan ini ternyata populer saat ini," ujar dia.

Sistem Carrier Billing memberikan pilihan pembayaran yang mudah dan nyaman dibanding menggunakan metode pembayaran konvensional dengan kartu kredit atau kartu debit. Hal ini sangat penting karena masyarakat yang belum menggunakan layanan perbankan di Indonesia jumlahnya masih sangat  besar  saat ini. Sehingga dengan metode ini memungkinkan lebih banyak pelanggan  untuk menikmati kenyamanan dalam melakukan pembelian di Google Play™ Store.

Carrier Billing merupakan metode pembelian aplikasi, content, game dan buku yang dipotong langsung dari pulsa pelanggan prabayar (IM3 dan Mentari) atau ditagihkan dalam tagihan pelanggan paskabayar Indosat (Matrix).

Pembelian konten digital menggunakan pulsa ini berlaku bagi pengguna ponsel Android.  Pelanggan harus memiliki Google Account terlebih dahulu dan sign-in dengan menggunakan account tersebut. Dan pada pilihan

“Payment Option” pilih “Enable Indosat Billing”, maka untuk selanjutnya metode tersebut yang akan digunakan sebagai metode pembayaran.

Dan perlu diingat bahwa setiap pembelian konten digital melalui pemotongan pulsa IM3 atau Mentari ataupun ditagihkan melalui tagihan Matrix pelanggan, harganya akan ditambahkan pajak 10%, sehingga harga yang dikenakan kepada pelanggan akan lebih tinggi 10% dari harga yang tertera di Google Play™ Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan