Penghujung tahun jadi momen tersibuk penyedia jasa pengiriman barang



MISSOURI. Momen penghujung tahun seperti sekarang adalah waktu tersibuk bagi para penyedia jasa pengiriman barang ekspress. Senin kemarin, Federal Express (FedEx) mengalami peningkatan permintaan pengiriman barang sebanyak 13% menjadi 16,06 juta pengiriman jumlah pengiriman waktu yang sama tahun lalu.Jumlah permintaan pengiriman barang sebanyak itu bertambah dua kali lipat dari hari-hari biasanya. Peningkatan pengiriman barang itu berasal adalah dari penjual ritel dan toko-toko online. Setengah dari jumlah peningkatan permintaan pengiriman barang datang dari kerjasama kemitraan SmartPost dengan penyedia jasa pos AS. Dengan paket kerjasama ini masyarkat bisa mengirim barang lebih murah melalui FedEx. FedEx memprediksi pada musim liburan kali ini, perusahaannya bisa mengirim 223,3 juta paket ke seluruh dunia. Itu sama saja dengan mengirim 86 paket dalam satu detik. Sementara itu, United Parcel Service, Inc (UPS) menargetkan pengiriman barang dua kali lipat dari itu, yaitu sebanyak 430 juta paket dalam momen liburan akhir tahun kali ini. Pengiriman barang dari UPS mencapai puncaknya pada tiga hari sebelum Natal sebanyak 24 juta paket. Jumlah itu 60% lebih tinggi dibanding hari biasa. Belanja masyarakat di musim liburan ini melalui online sejak awal November 2010 naik 12% dibanding tahun lalu, yakni mencapai hampir US$ 22 miliar. "Transaksi pembelian online pada Senin dan Rabu minggu lalu masuk kedalam lima transaksi teratas sepanjang sejarah," ujar salah satu periset comScore dalam datanya. Analis industri dan ekonom AS melihat pertumbuhan bisnis pengiriman barang seperti ini menandakan membaiknya perekonomian dunia. Karena pengapalan ke seluruh dunia ini berisi bermacam-macam jenis barang konsumer dan manufaktur.


Editor: Rizki Caturini