KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatatkan pertumbuhan yang positif dalam transaksi
cash management. Pertumbuhan ini turut mendorong dana murah (CASA/Current Account Savings Account) dan juga pendapatan berbasis komisi alias
fee based income bank. BCA menegaskan jika bank senantiasa melakukan berbagai pengembangan bisnis dan inovasi layanan Cash Management untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang kian berkembang.
EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn bilang bahwa kemudahan dan fleksibilitas transaksi yang ditawarkan oleh Cash Management BCA turut berkontribusi dalam menjaga arus kas dalam ekosistem BCA, sehingga menopang pertumbuhan dana pihak ketiga, khususnya CASA. Hingga Juni 2025, dicatat frekuensi dan nilai transaksi dari layanan
cash management BCA bertumbuh positif. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan jumlah nasabah yang menggunakan layanan
cash management BCA sebesar 20% secara tahunan (YoY).
Baca Juga: Aplikasi MyBCA Sempat Error Minggu Malam, BCA: Kini Sudah Pulih Kembali Adapun pertumbuhan transaksi dan nasabah Cash Management BCA turut berkontribusi positif bagi kenaikan pendapatan non bunga BCA. Secara keseluruhan, pendapatan non bunga BCA naik 10,6% YoY menjadi Rp 13,7 triliun pada semester I 2025, ditopang pendapatan fee dan komisi yang tumbuh 9,5% YoY. “Ke depan, kami berharap bisnis
cash management BCA dapat terus bertumbuh positif di 2025,” kata Hera kepada Kontan Jumat (29/8/2025). Hera membeberkan bahwa Cash Management BCA menjalankan berbagai strategi, yakni membangun ekosistem digital melalui Open Banking API berbasis SNAP, Multi Payroll, deepening & expanding komunitas bisnis, pengembangan solusi tailor made yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta meningkatkan
customer engagement dan
people excellence. Dalam pengembangan layanan Cash Management, BCA juga memanfaatkan
big data, data
analytics, dan
business intelligence untuk mendukung keputusan bisnis, serta memperluas kolaborasi melalui
digital strategic partnership sebagai salah satu bentuk
value-added services.
Baca Juga: Sudah Sentuh Level Support, Analis Sebut Saham BCA Berpotensi Koreksi Lagi Untuk diketahui layanan
cash management pada bank adalah serangkaian produk dan jasa yang ditawarkan bank untuk membantu nasabah korporasi, bisnis, maupun institusi dalam mengelola arus kas perusahaan secara lebih efisien, aman, dan terintegrasi.
Tujuan utamanya adalah agar perusahaan bisa mengoptimalkan likuiditas, mempercepat proses penerimaan dan pembayaran, serta mengurangi biaya operasional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News