Pengusaha situs properti mengandalkan ponsel pinta



JAKARTA. Aplikasi ponsel pintar yang kian berkembang membuat sejumlah pengusaha memanfaatkan media ini sebagai penunjang bisnis. Tak terkecuali, perusahaan yang bergerak di ranah situs properti seperti Rumah.com dan Rumah123.com.

Rumah.com meluncurkan aplikasi sistem operasi iOS untuk ponsel pintar iPhone. Chris Antonius, Presiden Direktur Rumah.com mengatakan, saat ini, sekitar 82% masyarakat Indonesia mengakses internet melalui ponsel.Rumah.com mencatat, di antara pengunjung yang mengklik situsnya melalui ponsel, 43% menggunakan sistem operasi Android, 35% iOS, dan 21% BlackBerry. Sisanya, menggunakan layanan Java dan Symbian. 

Anak usaha PropertyGuru Group yang berkantor pusat di Singapura ini sebelumnya juga sudah memperkenalkan aplikasi Android dan BlackBerry. Namun, khusus aplikasi Rumah.com di iOS memiliki fitur yang tidak bisa ditemui di sistem operasi lainnya. Fitur itu adalah pencarian peta. "Sejak bulan Juni 2013, aplikasi sudah diunduh 6.800 kali, melebihi target kami 5.000 kali," ungkap Chris, Selasa (2/7).


Asal tahu saja, Rumah.com disinggahi sedikitnya dua juta pengunjung setiap bulan. Chris menargetkan, persentase pengunjung yang mengakses melalui ponsel bertambah menjadi 40% pada tahun ini, dari 25% di tahun lalu.

Namun, Chris enggan mengatakan target pertumbuhan jumlah pengunjung Rumah.com secara keseluruhan. Chris juga tidak bersedia membeberkan volume dan nilai transaksi di Rumah.com. Ia hanya bilang, transaksi tumbuh sekitar 35% per tahun. Angka ini sebanding dengan jumlah agen dan jumlah properti yang terdaftar.

Asal tahu saja, setelah meluncurkan aplikasi Android bulan Maret 2013 lalu, pengunjung Rumah.com bertambah dari 1,3 juta per bulan menjadi dua juta per bulan. "Berdasarkan jenisnya, properti yang paling banyak dicari adalah rumah tapak sebesar 60%-70%," ujar Chris. 

Jika berdasarkan lokasi, sebanyak 60% hingga 70% konsumen memilih properti berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Pemain situs properti lain, Rumah123.com, juga berupaya menjaring pengunjung melalui aplikasi iOS, Android, dan BlackBerry. "Yang paling banyak adalah BlackBerry, karena pengguna BlackBerry di Indonesia paling banyak," kata Manajer Penjualan Rumah123.com, Meddy H. Papinka.Rumah123.com menargetkan bisa menjaring hingga dua juta pengunjung tahun ini. Meddy memperkirakan, 37% di antaranya mengakses melalui ponsel. Saat ini, mayoritas pengunjung Rumah123.com mencari referensi rumah tempat tinggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amailia Putri