Penjamin emisi klaim IPO IMC punya anchor buyer



JAKARTA. Penjamin emisi penawaran saham perdana (IPO) PT Intermedia Capital (IMC) mengklaim, sudah memiliki investor yang siap menyerap saham IPO perusahaan media tersebut. Dengan kata lain, sudah ada anchor buyer yang bersedia membeli sejumlah saham IPO induk usaha dari ANTV itu.

Biasanya, jika pemegang saham pendiri ikut menjual kepemilikan sahamnya di anak usaha melalui IPO, mereka sudah punya investor yang siap menampung saham pendiri itu. Pada IPO IMC, PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) ikut menjual sebagian kepemilikannya di IMC.

IMC melepas sebanyak 588,23 juta saham pada hajatan pasar modal tersebut. Jumlah ini setara dengan 15% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh IMC setelah IPO. Adapun, 7,5% merupakan saham milik VIVA. Sedangkan, sisanya merupakan saham baru.


Nah, Andreas S Tjendana, Direktur Sinarmas Sekuritas mengatakan, sudah ada anchor buyer yang bersedia menyerap saham IPO IMC Capital. "Tapi saya belum bisa saya disclose," tuturnya kepada KONTAN, Rabu (12/3).

VIVA menjual kepemilikan sahamnya di IMC demi memperoleh pendanaan guna membayar utang. Sedangkan, dana hasil penjualan saham baru IMC akan digunakan untuk ekspansi dan pembayaran utang IMC sendiri. IMC telah menunjuk PT Ciptadana Securities dan PT Sinarmas Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri