Penjualan Alat Berat United Tractors (UNTR) Naik di Semester I-2022, Ini Pendorongnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan alat berat Komatsu milik PT United Tractors Tbk (UNTR) tumbuh moncer hingga Juni 2022. Sepanjang enam bulan pertama 2022, emiten ini mencatatkan penjualan alat berat sebanyak 2.873 unit. Angka tersebut naik 111,09% dari realisasi penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 1.361 unit.

Berdasarkan laporan operasional bulanan yang dipublikasikan Senin (25/7), pangsa pasar atau market share Komatsu per Juni 2022 sebesar 28%.

Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis mengatakan, kenaikan penjualan didorong oleh permintaan dari sektor pertambangan dan konstruksi.

Berdasarkan laporan operasional, penjualan masih didominasi oleh sektor pertambangan, yakni mencapai 61% dari total penjualan, disusul oleh sektor konstruksi sebesar 18%. Selanjutnya, penjualan ke sektor kehutanan sebesar 12% dan sektor agribisnis sebesar 9% dari total penjualan.

Baca Juga: Penjualan Alat Berat United Tractors (UNTR) Melesat 111% Hingga Juni 2022

Di bulan Juni 2022 saja, UNTR menjual 473 alat berat. Jumlah ini naik 40% dari penjualan di Mei 2022 sebesar 338 unit. Jika dibandingkan dengan penjualan di Juni 2021, realisasi ini melesat 66%, dimana pada periode yang sama tahun lalu, penjualan Komatsu hanya 285 unit.

Sebelumnya, Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini menaikkan proyeksi angka penjualan Komatsu menjadi 4.800 unit dari sebelumnya 3.700 unit. Adapun revisi naik target ini berdasarkan hasill diskusi dengan prinsipal dan juga hasil analisis pasar. 

“Proyeksi penjualan kami sesuaikan sambil tetap memantau pergerakan pasar sampai akhir tahun,” terang Sara.

Sara mengatakan, kemampuan produsen/prinsipal untuk memproduksi alat tentu tidak dapat diakselerasi cepat, melainkan secara bertahap.  “Itulah sebabnya proyeksi kami perlu menyesuaikan juga dengan kemampuan prinsipal,” sambung dia.

Sara menilai, tren penjualan di semester kedua akan in line  (sejalan) dengan target 2022 yang dipasang.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat Terbatas, Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik

Adapun fokus UNTR di paruh kedua 2022 adalah memastikan alat berat bisa dikirimkan ke customer sesuai jadwal.  Selain itu, UNTR akan melakukan support untuk after sales guna memastikan produktivitas alat pelanggan dan mulai menggali kebutuhan pelanggan untuk tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi