Penjualan Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Melesat 47,9% di Kuartal Pertama 2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, mulai dari lelang mobil dan motor, jual beli mobil online, mencatatkan pertumbuhan penjualan 47,9% secara year on year (yoy) di kuartal pertama 2022.

Hingga Maret 2022, ASLC berhasil menjual sekitar 19.000 unit kendaraan yang terdiri dari sekitar 9.000 kendaraan roda empat dan 10.000 kendaraan roda dua melalui balai lelang JBA dan 217 unit dari bisnis O2O used car dealer Caroline. Tercatat hingga Maret 2022, penjualan ASLC mencapai sebesar Rp 69,6 miliar sedangkan laba bersih tercatat sebesar Rp 2 miliar.

Presiden Direktur ASLC Jany Candra mengungkapkan, pihaknya bersyukur dalam tiga bulan pertama sejak secara resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), ASLC berhasil mencatatkan penjualan yang lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021. Manajemen ASLC menilai keputusan untuk melakukan IPO di awal tahun 2022 merupakan langkah yang tepat, seiring dengan kebangkitan industri otomotif dan juga ekonomi nasional pasca Covid-19.


Baca Juga: Duh, Laba Bersih Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Turun 80% pada Kuartal I-2022

"Melihat peluang tersebut, kami optimis kinerja Autopedia ke depan dapat lebih baik,” ujar dia dalam siaran pers, Rabu (25/6).

ASLC meyakini industri otomotif di tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun 2021, begitupun dengan penjualan kendaraan bekas. Hal ini juga sejalan dengan target penjualan mobil baru oleh Gaikindo yang melebihi realisasi penjualan mobil di tahun 2021. Dengan target penjualan mobil baru tersebut, maka semakin memberikan peluang yang besar untuk penjualan mobil bekas, karena potensi penjualan mobil bekas bisa mencapai 3 kali lipat dari penjualan mobil baru.

Dalam rangka menyambut perbaikan industri dan ekonomi nasional, ASLC telah mempersiapkan dan mengembangkan Caroline sebagai online-to-offline (O2O) used car dealer. "Kami juga terus memperluas jaringan dan memperbanyak cabang Caroline di Indonesia untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan dalam melakukan jual beli kendaraan bekas,” lanjut Jany.

Baca Juga: Kinerja Adi Sarana Armada (ASSA) Terdorong Anteraja dan Autopedia, Ini Prediksinya

Sebagai informasi, selama kuartal pertama 2022 ASLC sudah memiliki delapan customer touch points secara nasional yang akan terus bertambah seiring dengan pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

ASLC berharap dapat mencapai target di tahun ini yaitu menambah hingga 20 customer touch points Caroline yang akan menopang target pertumbuhan perusahaan hingga tiga digit. "Kami optimis di tahun ini, baik Caroline maupun JBA bisa mencatatkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya sehingga turut mendorong kinerja Autopedia,” tutup Jany.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati