Penjualan Daihatsu Terdongkrak Segmen LCGC, Efeknya Penjualan Retail November Naik 5%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC) menjadi pendorong utama peningkatan penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada November 2025. 

Duo Sigra dan Ayla mencatat penjualan gabungan 3.394 unit, membantu mendorong retail sales Daihatsu naik 5% menjadi 12.750 unit, dibandingkan Oktober yang membukukan 12.196 unit. Pencapaian ini sekaligus menjadi yang tertinggi bagi Daihatsu sepanjang paruh kedua 2025 di tengah pasar otomotif yang masih berkinerja lambat.

Tidak hanya LCGC, pertumbuhan penjualan juga disokong oleh segmen kendaraan komersial ringan Gran Max serta SUV medium Terios. Ketiga segmen ini menyumbang sekitar 92% dari total distribusi ADM pada November.


Baca Juga: Kinerja Tertekan,Asia Pacific Fibers Dorong Pemerintah Percepat Restrukturisasi Utang

Meski LCGC mencuri perhatian lewat kenaikan signifikan, Gran Max series masih menjadi kontribusi terbesar penjualan yakni Gran Max Pick Up 4.468 unit dan Gran Max Mini Bus 2.519 unit.

Secara total, keluarga Gran Max memberikan kontribusi 55%, naik sekitar 2% dari Oktober dan menjadi capaian tertinggi model tersebut sepanjang 2025.

Segmen LCGC mencatat kenaikan sekitar 9% secara bulanan. Sigra dan Ayla model yang dikenal efisien dan berbiaya kepemilikan rendah menyumbang 27% dari total penjualan ADM. Permintaan yang stabil menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap kendaraan hemat biaya masih kuat di tengah daya beli yang belum sepenuhnya pulih.

Dari segmen SUV medium, Terios mencatat pertumbuhan positif dengan distribusi 1.327 unit, naik 14% dibandingkan Oktober dan menyumbang 10% dari total penjualan.

Hasil penjualan tersebut menurut Direktur Marketing dan Corporate Communication PT ADM, Sri Agung Handayani, adalah respons positif dari pelanggan khususnya di segmen LCGC, commercial low, dan SUV yang menjadi bukti kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu sebagai sahabat beraktivitas dan berbisnis. "Capaian ini juga menjadi langkah penting menuju 17 tahun berturut-turut Daihatsu bertahan di posisi nomor dua penjualan otomotif nasional," ungkap dia dalam keterangan resmi, Jumat (12/12/2025).

Baca Juga: Kinerja Tertekan,Asia Pacific Fibers Dorong Pemerintah Percepat Restrukturisasi Utang

Memasuki akhir tahun, Daihatsu menyiapkan berbagai program penjualan untuk menarik konsumen baru. ADM menegaskan loyalitas pelanggan didukung faktor seperti efisiensi bahan bakar, harga terjangkau, biaya perawatan rendah, jaringan aftersales luas, serta nilai jual kembali yang stabil.

Selanjutnya: 16 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Diastolik yang Dapat Dicoba

Menarik Dibaca: 16 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Diastolik yang Dapat Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News