Penjualan E-Commerce di China Menurun



KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Penjualan e-commerce dalam festival pertengahan tahun yang berlangsung di China turun untuk pertama kalinya tahun ini. Ini karena konsumen berhati-hati dalam berbelanja lantaran perekonomian melemah. 

Angka gross merchandise value (GMV) gabungan di seluruh platform online utama China, selama ajang belanja yang disebut 618, mencapai 742,8 miliar yuan, setara dengan Rp 1,68 kuadriliun. 

Baca Juga: Blibli Buktikan Tren Belanja Otomotif di E-Commerce,1.000 YamahaNMAX Terjual 40 Menit


Penyedia data ritel digital Syntun, seperti dikutip Reuters, menyebut, hasil tersebut 7% lebih rendah dibanding periode sama tahun lalu. Penjualan festival 618 mencapai puncaknya di 2023, dengan GMV hampir 800 miliar yuan. 

Tahun ini festival belanja gagal membangkitkan minat pembeli. Padahal, platform besar memperpanjang penawaran diskon hingga berminggu-minggu. 

Festival yang namanya diambil dari tanggal berdirinya JD.com pada 18 Juni merupakan acara festival terbesar kedua di China setelah Singles Day di November.  

Selanjutnya: Sektor Consumer Non-Cyclicals Diproyeksikan Bertumbuh, Begini Prospeknya

Menarik Dibaca: Rupiah Berbalik Menguat di Rp 16.365 per dollar, Simak Prediksi Besok!

Editor: Avanty Nurdiana