Penjualan e-groceries Matahari Putra Prima (MPPA) berpotensi meningkat



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penerapan social distancing atau jaga jarak selama pandemi Covid-19 diproyeksikan akan mendorong penjualan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) melalui e-groceries. Emiten yang bergerak di sub industri supermarket ini telah memperkuat e-commerce, chat dan shop, Hypermarket Online yang kini telah mencakup 112 toko secara nasional.

"Kami percaya e-groceries menjadi favorit konsumen karena dapat membeli membeli produk fresh dan kebutuhan rumah tangga secara online dari rumah," ujar Analis Mirae Asser Sekuritas Christine Natasya dalam riset, Kamis (8/7). Oleh karenanya, kontribusi penjualan online MPPA diperkirakan akan lebih tinggi ke depannya, apalagi dengan adanya kolaborasi dengan GoTo.

Asal tahu saja, menurut pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, MPPA mengumumkan rencana kemitraan dengan Gojek dengan peluncuruan 31 toko virtual di wilayah Jabodetabek di GoMart. Kolaborasi tersebut memungkinkan MPPA menghadirkan toko virtual di GoMart untuk memberikan lebih banyak akses dan kenyamanan bagi para pelanggan dalam membeli produk segar,  bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga melalui kemudahan aplikasi online Gojek yang didukung oleh armada Gojek.


"Kami akan terus memperluas bentuk kemitraan kami dengan Gojek dengan layanan dan fitur yang lebih lengkap dan toko virtual yang menjangkau nasional dalam waktu dekat,” ujar Chief Executive Officer MPPA Elliot Dickson dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (9/7).

Baca Juga: Simak rekomendasi saham Matahari Putra Prima (MPPA) dari RHB Sekuritas

Sementara itu, dalam riset Mirae Asset Sekuritas juga diungkapkan, manajemen MPPA memang tengah berupaya mengubah cara melihat kebiasaan pelanggan dalam rangka memenuhi kebutuhan. Mengingat situasi pasar ritel berubah sepanjang waktu.

"MPPA saat ini mengalihkan fokus mereka dari bisnis B2B ke konsumen. Selama 2015-2018, 30% dari bisnisnya fokus pada B2B, yang saat ini telah turun menjadi 5% dari penjualan," seperti yang dikutip dalam riset tersebut.

Walaupun penjualan keseluruhan bertahap menurun karena beralih dari bisnis B2B, MPPA akhirnya mendapatkan kembali kepercayaan dari konsume bahwa perusahaan menjual produk dengan harga terbaik dibandingkan retailer groceries sejenisnya. Hal inilah yang memperkuat prospek MPPA ke depan di mata Mirae Asset Sekuritas.

Lebih lanjut diungkapkan, salah satu strategi yang menarik adalah fokus perusahaan yang lebih besar pada peningkatan penjualan produk segar.

"Kami percaya strategi ini akan meningkatkan jumlah pembeli yang menyukai kualitas dengan harga terjangkau," tulis riset tersebut.

Selanjutnya: Luncurkan 31 toko virtual di GoMart, MPPA kukuhkan kolaborasi bersama Gojek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat