Penjualan Eatsambel Meningkat Tiga Kali Lipat dengan Fitur Shopee Live



KONTAN.CO.ID - Jakarta, 9 Juli 2024. Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap rasa pedas yang mampu melengkapi rasa dan menambah selera  makan, serta menjadi peluang bisnis. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Yansen Gunawan dengan menciptakan Eatsambel. Di awal terbentuknya, Yansen mencoba memberikan sambal buatannya secara gratis  kepada para kerabat.

Kini Eatsambel bisa dikenal secara luas sebagai brand sambal lokal dalam kemasan dengan rasa yang berkualitas. Kesuksesan brand lokal ini juga turut didukung dengan bergabungnya bersama Shopee untuk meningkatkan jangkauan penjualan dan  memanfaatkan fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video.

Yansen Gunawan, Founder Eatsambel bercerita, “Walaupun tiap orang memiliki selera  makanan yang berbeda-beda, namun sambal menjadi satu cita rasa yang dicari semua  masyarakat Indonesia. Maka dari itu, kami ingin produk Eatsambel bisa dicoba dan menjadi  teman makan seluruh orang Indonesia. Dan berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan  telah membantu Eatsambel dalam merealisasikan mimpi kami ini. Tidak terkecuali dua fitur  interaktif Shopee Live dan Shopee Video yang menjadi solusi bagi kami dalam melewati masa  sulit saat pandemi. Awalnya, Shopee Live menjadi strategi pemasaran yang kami gunakan untuk  menjawab perubahan perilaku belanja masyarakat. Namun ternyata banyak sekali manfaat dan  dampak positif yang kami rasakan hingga hari ini, mulai dari memperluas jangkauan pasar,  menciptakan interaksi dengan konsumen, bahkan juga peningkatan transaksi yang signifikan.  Melalui kolaborasi bersama Shopee Live, pada kampanye angka kembar Shopee, total  transaksi Eatsambel berhasil meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan biasanya.”


Untuk melengkapi pengalaman konsumen dalam membeli dan mencoba produk yang dimiliki,  Eatsambel yakin bahwa sebuah brand tidak boleh hanya berfokus untuk berjualan saja, tetapi  juga harus melayani dan menghibur para calon konsumen. Memiliki produk yang bermain dengan  sensasi rasa, fitur Shopee Live dan Shopee Video menjadi strategi penting yang dilakukan  Eatsambel dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. Melalui Shopee Live,  Eatsambel dapat mendeskripsikan cita rasa dari masing-masing varian produk, menunjukkan bahan baku alami yang terkandung dalam produk, serta memberikan rekomendasi dan menjawab  secara langsung pertanyaan yang muncul di kolom komen. Mengusung konsep komedi,  Eatsambel juga memanfaatkan Shopee Video untuk memberikan tips dan kreasi makanan yang cocok dengan produk Eatsambel sambil berkolaborasi dengan figur selebriti ternama.

“Tiga nilai penting dari konten video Eatsambel adalah ringan, lucu dan tradisional. Karena itu,  kami mengangkat cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari kami yang dikemas dengan konsep  komedi ringan, seperti konten video pendek yang lucu bersama para karyawan maupun selebriti  ternama. Kami percaya bahwa kekuatan dari Eatsambel adalah kreativitas yang kami miliki, dan  dengan hadirnya Shopee Video ini menjadi wadah kami untuk menyalurkan berbagai ide untuk  menghibur konsumen kami. Selain membantu kami, tentunya fitur interaktif ini juga semakin  memudahkan konsumen Eatsambel karena mereka bisa langsung membeli produk kami melalui  Keranjang Orange sambil menikmati promo dan diskon spesial untuk pembelanjaan dari Shopee  Live maupun Shopee Video,” ujar Yansen atau yang akrab dipanggil Mas Yangun oleh para  konsumen Eatsambel.

Perjalanan Eatsambel, pesona warisan resep turun temurun yang bertemu dengan inovasi  digital dari Shopee

Didirikan pada tahun 2018, Eatsambel berawal dari keinginan Yansen untuk bisa mengobati  kerinduan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri akan cita rasa sambal, yang sulit  ditemukan di luar tanah air. Ia juga menyadari bahwa banyak orang menyukai sambal, tetapi tidak semua orang bisa dan mau repot untuk membuat sambal yang lezat. Oleh karena itu, bermodal  resep sambal turun temurun dari keluarganya, Eatsambel hadir dengan cita rasa rumahan yang  sesuai dengan selera orang Indonesia. 

Seluruh produk Eatsambel dibuat menggunakan komposisi bahan alami untuk selalu menjaga  kualitas kesegaran serta menjamin kenikmatan dan rasa terbaik saat sampai di tangan  konsumen. Maka dari itu, Yansen bekerja sama dengan para petani cabai yang tersebar di  berbagai daerah untuk menunjukkan kualitas bahan baku lokal yang Indonesia miliki. Berbagai  macam bahan baku lokal ini dikreasikan Yansen menjadi 4 varian cita rasa sambal khas  Indonesia yang dikemas dengan nama yang unik, mulai dari Cumi Ciamik, Cakalang Rindu, Ayam  Suwir Icikiwir, dan Teri-Ngat Kamu.

“Kami sangat bersyukur bahwa kehadiran Eatsambel tidak hanya dapat menemani konsumen  saat menyantap makanan, tetapi juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan cabai  dari petani daerah dan berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk banyak ibu rumah tangga  yang menjadi tulang punggung dari keluarga mereka,” Yansen menambahkan.

Yansen juga meyakini dalam bisnis kuliner, yang dibutuhkan bukan hanya rasa yang enak,  melainkan juga branding produk itu sendiri. Untuk itu, ia pun memanfaatkan Shopee untuk  mendukung bisnisnya dan menjangkau target pasar yang dimiliki. Eatsambel pun langsung  mengawali awal perjalanan bisnis bersama Shopee, karena berbagai kemudahan. Dengan memanfaatkan kampanye digital, program. dan fitur interaktif milik Shopee, Eatsambel semakin dikenal masyarakat dan menjadi pilihan utama saat mereka ingin membeli produk sambal kemasan, dimana varian Eatsambel Cumi Ciamik menjadi  favorit para pengguna Shopee.

“Kami berharap kedepannya  semakin banyak brand lokal yang mengadopsi kedua fitur interaktif ini untuk memudahkan  komunikasi dengan calon konsumen. Karena kami percaya ini adalah awal dari sebuah inovasi  besar dalam menciptakan pengalaman belanja yang personal, mudah, dan menyenangkan. Bagi brand yang baru memulai, kami percaya Shopee Live dan Shopee Video akan menjadi salah satu  kunci besar dalam memenangkan perhatian para konsumen dan memberikan dampak positif bagi  bisnis,” tutup Yansen.

Temukan sensasi cita rasa kuliner Nusantara dan nikmati ragam promo terbaik bersama berbagai  brand lokal favorit hanya di Shopee! Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau  Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini