Penjualan Honda dan Yamaha Belum Pulih



JAKARTA. Cerahnya industri otomotif tidak saja terlihat dari penjualan mobil. Pabrikan sepeda motor di tanah air seperti PT Astra Honda Motor (PT AHM) juga mencatatkan pertumbuhan penjualan yang cukup tinggi dibandingkan Januari 2009 lalu. Meski begitu, pertumbuhan tersebut tak berhasil mengungguli capaian di akhir tahun kemarin.

Total penjualan motor Honda pada Januari 2010 tercatat sebanyak 216.041 unit. Jika dibandingkan periode yang sama 2009, angka itu melejit 20,23%. Tapi, kalau dibandingkan penjualan Desember 2009 yang mencapai 258.100 unit, penjualan itu sesungguhnya merosot 16,3%. Toh, AHM tetap yakin penjualannya di tahun 2010 bisa terus menanjak. "Ekonomi mulai tumbuh dengan baik dan situasi politik relatif stabil," ujar Head Corporate Communication AHM, Kristanto.

Di segmen skuter matik (skutik), Januari 2010 ini, AHM berhasil menjual sebanyak 90.461 unit. Perolehan ini lebih besar sekitar 69% dibandingkan Januari tahun 2009 yang hanya 53.548 unit.


Direktur Pemasaran AHM, Julius Aslan bilang, pertumbuhan penjualan model skutik yang besar di awal tahun adalah indikasi bahwa minat konsumen terhadap motor bertransmisi otomatis ini akan terus tumbuh di masa mendatang. "Skutik masih akan menjadi primadona di pasar motor domestik dalam beberapa tahun ke depan," katanya. Makanya, walau penjualan tak sekencang akhir 2009, AHM tak ragu berekspansi. Tidak lama lagi, Honda segera merilis beberapa produk baru.

Julius optimistis, pasar sepeda motor domestik akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Selain pertumbuhan ekonomi dan stabilitas politik, meningkatnya daya beli masyarakat akan memicu kenaikan penjualan kendaraan roda dua.

Rival terberat AHM, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) juga mengklaim hal senada. Kendati belum merilis data resmi penjualan Januari 2010, Yamaha menyatakan penjualannya Januari 2010 cukup menggembirakan. Model skutik juga menjadi jawara penjualan Yamaha. Indra Dwi Sunda, Public Relation Promosi dan Pemasaran YMKI pun mengaku memasang target penjualan motor sebanyak-banyaknya tahun ini. "Kalau bisa diatas tiga juta unit," cetus Indra.

Tahun 2009, AHM dan YMKI memang bersaing merebut pasar skutik Indonesia. Meski kalah secara akumulatif, YMKI berhasil memenangi penjualan skutik setelah melego sebanyak 1,23 juta unit varian Mio. Sementara Honda hanya mampu menjual total varian BeAt dan Vario sebanyak 861.737 unit. Tahun lalu, total pasar motor di Indonesia mencapai 5,85 juta unit. Dari jumlah itu, AHM dan YMKI menguasai masing-masing 46,2% dan 45,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test