Penjualan iPhone turun, Apple luncurkan Apple TV, kartu kredit dan game online



KONTAN.CO.ID - CUPERTINO. Perusahaan ponsel pintar Apple Inc berusaha untuk memperkenalkan diri sebagai perusahaan layanan hiburan dan keuangan. Mengutip Reuters, Selasa (26/3), Apple telah meluncurkan layanan televisi streaming, kartu kredit, dan arcade game online.

Bahkan Apple memboyong artis kenamaan Oprah Winfrey dan Steven Spielberg dalam peluncuran layanan berlangganan televisi dan film yang disebut Apple TV+ yang akan menyiarkan acara televisi dan film asli.

Kendati demikian, aksi ini gagal merangsang investor. Tercatat saham Apple turun 1,2%. Perusahaan yang diperkirakan telah lama terjun ke dalam perang video streaming ini telah ketinggalan dari saingan Netflix Inc dan Amazon.com Inc. Apple tidak menyertakan rincian penting terhadap produk terbarunya, seperti harga. Sehingga sulit untuk menilai bagaimana layanannya akan bertahan melawan pesaing.


"Sementara Apple dapat memperkenalkan daftar konten asli yang lebih besar daripada Amazon dan Netflix. Pasar streaming telah mencapai tingkat kejenuhan dan kelelahan konsumen di Amerika Serikat," kata Colin Gillis, seorang analis di Chatham Road Partners.

Layanan ini akan menjumpai pengguna lewat aplikasi yang ada di 1,4 miliar gadget Apple di seluruh dunia, serta pemilik TV pintar dan perangkat Apple lainnya. Apple mengambil pendekatan berbeda dengan menawarkan saluran berbayar dari AT&T Inc HBO, Lions Gate Entertainment Starz dan CBS Corp's Showtime, di samping kontennya sendiri.

Aplikasi yang diperbarui untuk berlangganan saluran dari orang lain akan meluncur pada bulan Mei, tetapi pertunjukan asli Apple tidak akan ada sampai musim gugur, dengan harga belum diumumkan. Apple mengatakan acara TV + dan versi baru dari aplikasi TV akan tersedia di lebih dari 100 negara.

Apple juga memperkenalkan kartu kredit, arcade video game digital. Serta menambahkan ratusan majalah ke aplikasi berita di sebuah acara di kantor pusatnya Cupertino, California.

Peluncuran itu dilakukan ketika Apple tengah berjuang menghadapi penurunan penjualan iPhone. Hal ini telah mendorong perusahaan untuk mengalihkan lebih banyak perhatiannya ke layanan yang memberikan pendapatan berlangganan reguler.

Selebriti Hollywood membantu debut penawaran televisi ini. Apple telah menugaskan pemrograman dari Jennifer Aniston, Reese Witherspoon, Winfrey, Spielberg dan lainnya.

Winfrey, mengatakan dia tertarik pada Apple karena jangkauannya. "Mereka ada dalam satu miliar kantong kalian semua," katanya, merujuk pada perangkat Apple di mana-mana.

Bersamaan dengan iPhone, iPad, dan iMac, Apple akan membuat pemrograman tersedia secara luas melalui TV pintar dan perangkat dari Roku Inc dan lainnya, berangkat dari masa lalu di mana ia cenderung menyimpan konten secara eksklusif pada perangkat kerasnya sendiri.

Dengan dorongan media baru, Apple bergabung dengan bidang yang penuh sesak di mana Prime Video dan Netflix dari Amazon.com telah menghabiskan banyak uang untuk menarik perhatian penonton dan dolar dengan seri dan film pemenang penghargaan.

Konten Apple yang terutama ramah keluarga, kemungkinan akan menarik perhatian khalayak muda, juga membuat persaingan dengan Walt Disney Co.

Perang teknologi besar untuk pemirsa memicu gelombang konsolidasi di antara perusahaan media tradisional yang bersiap untuk bergabung. Disney, yang membeli 21st Century Fox, dan AT&T, yang membeli Time Warner, berencana untuk meluncurkan atau menguji layanan video streaming baru tahun ini.

Penghasilan dari layanan Apple yang meliputi App Store, iCloud dan bisnis konten seperti Apple Music tumbuh 24% menjadi US$ 37,1 miliar pada tahun fiskal 2018. Segmen ini hanya menyumbang sekitar 14% dari keseluruhan pendapatan Apple US$ 265,6 miliar, tetapi investor telah menyematkan harapan mereka untuk pertumbuhan di atasnya.

Editor: Herlina Kartika Dewi