Penjualan Kendaraan Listrik Toyota Tumbuh Signifikan Hingga Kuartal III-2023



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) terus berupaya mengembangkan model kendaraan berbasis elektrifikasi di Indonesia. Tren penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota pun telah mengalami pertumbuhan signifikan sepanjang 2023 berjalan.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pada Januari-September 2022 Toyota mencatatkan penjualan kendaraan elektrifikasi sekitar 9.400 unit. Memasuki periode Januari-September 2023, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota melonjak lebih dari 20 kali lipat menjadi sekitar 45.000 unit.

Kendaraan elektrifikasi ini terdiri dari hybrid electric vehicle (HEV), plug in hybrid electric vehicle (PHEV), dan battery electric vehicle (BEV).


Baca Juga: Toyota Astra Menyiapkan Mobil Listrik untuk Pasar Indonesia

Khusus untuk BEV, Toyota baru memiliki satu model saja yang dijual di Indonesia, yakni Toyota BZ4X yang dihargai Rp 1,19 miliar. Mobil listrik ini masih berstatus completely built up (CBU) atau impor utuh dari Jepang.

Baru-baru ini, Toyota turut berpartisipasi dalam ajang Japan Mobility Show 2023 di Tokyo, Jepang. Dalam ajang tersebut, Toyota memperkenalkan dua mobil listrik konsep yakni SUV tipe FT-3e dan mobil sport FT-Se. Ada kabar bahwa Toyota siap mendatangkan mobil listrik FT-3e ke pasar Indonesia jika model tersebut sudah diproduksi secara massal.

Baca Juga: Toyota Indonesia Sudah Ekspor 2,5 Juta Unit Kendaraan T-Brand ke Berbagai Negara

Anton sendiri menepis rumor tersebut. Kembali lagi, FT-3e masih berupa model konsep. "Model ini menunjukkan konsep masa depan produk BEV Toyota," ujar dia, Jumat (27/10).

Terlepas dari itu, Toyota dipastikan akan terus berekspansi mengembangkan dan menghadirkan produk-produk kendaraan elektrifikasi di Indonesia pada masa mendatang.

"Ini dengan pertimbangan model tersebut memang cocok dan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen di Indonesia yang sangat beragam," tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .