Penjualan Kuartal IV-2023 Melonjak, AVIA Kejar Pertumbuhan Double Digit di 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) menutup tahun 2023 dengan capaian positif dalam volume penjualan. Pada periode kuartal IV-2023 volume penjualan emiten manufaktur cat terintegrasi dari Grup Tancorp ini mengalami pertumbuhan dengan level double-digit.

Head of Investor Relations Avia Avian, Andreas Timothy Hadikrisno mengungkapkan sejumlah faktor yang mendorong volume penjualan AVIA kuartal IV-2023 naik double-digit dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Menurutnya, capaian ini didukung oleh peluncuran beberapa produk ekonomis yang mendapat respons positif dari pasar.


"Pencapaian kinerja positif tersebut merupakan bukti komitmen AVIA untuk senantiasa memberikan performa terbaik sebagai pemimpin pasar cat dekoratif di Indonesia," jelas Andreas lewat keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (26/1).

Baca Juga: Gelar Buyback Rp 1 Triliun, Saham Avia Avian (AVIA) Mulai Menggeliat

Menurut Andreas, hasil tersebut tak lepas dari konsistensi AVIA dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran dan penjualan yang komprehensif. Mencakup keterlibatan konsumen, termasuk pemilik toko retail, tukang cat, kontraktor, dan pemilik rumah (home owners).

Faktor penting lainnya adalah pengembangan portofolio produk AVIA yang semakin lengkap dan inovatif. Sebagai inisiatif baru, AVIA juga menawarkan jasa express delivery dimana dalam waktu 2 jam barang akan diterima oleh pelanggan.

Selain itu, ada dukungan dari jaringan pusat distribusi dengan cakupan yang luas di Indonesia. Hal ini memungkinkan AVIA memberikan layanan yang prima. 

"AVIA secara berkesinambungan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan," imbuh Andreas.

Hingga akhir tahun 2023, AVIA memiliki 118 pusat distribusi milik sendiri, ditambah dengan 14 pusat distribusi mini dan 40 pusat distribusi pihak ketiga. 

Untuk mengembangkan produk, AVIA memiliki tim dan fasilitas research, development, and innovation (RDI) yang berkomitmen menghasilkan beragam produk inovatif untuk melengkapi portofolio produk dari berbagai merek dan kategori.

Andreas bilang, AVIA memiliki rangkaian produk yang lengkap dan meliputi semua range harga, Mulai dari ekonomis, medium, sampai dengan premium. 

"Menempatkan AVIA pada posisi yang strategis untuk terus memperbesar pangsa pasar, serta mampu menciptakan pertumbuhan kinerja yang sehat, dan berkesinambungan," ungkapnya.

Andreas melanjutkan, hasil dan tren positif pada kuartal IV-2023 memberikan keyakinan bagi AVIA untuk mencatat pertumbuhan double-digit dalam kinerja laba bersih serta EBITDA untuk tahun 2023. Sekaligus memberikan optimisme bagi AVIA dalam mengejar pertumbuhan kinerja operasional maupun kinerja keuangan pada tahun 2024.

Baca Juga: AVIA Menyiapkan Dana Rp 1 Triliun untuk Buyback

Adapun, AVIA memproyeksikan peningkatan kinerja dengan level double-digit growth pada tahun ini. 

"(Capaian kuartal IV-2023) memberikan optimisme dan pondasi yang kuat bagi AVIA untuk mencapai pertumbuhan yang semakin pesat dan tinggi pada tahun 2024," tandas Andreas.

Hingga pukul 09:39 WIB perdagangan Jumat (26/1), saham AVIA berada di posisi Rp 565 per saham. Level harga yang sama dari penutupan hari sebelumnya. Secara year to date, harga saham AVIA bergerak naik 13%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi