Penjualan Mobil di AS Anjlok, GM Luncurkan Program Diskon



DETROIT. Rendahnya penjualan mobil, membuat beberapa produsen mobil putar otak untuk meningkatkan penjualannya. Nah, General Motors Corp (GM) punya cara yang berbeda. Yakni, dengan meluncurkan program insentif kepada seluruh karyawannya.Program yang berlangsung antara 20 Agustus hingga 2 September ini sebelumnya pernah dilakukan di 2005. Pada waktu itu, potongan harga yang ditetapkan GM berhasil mendongkrak penjualan sebesar 41% di Juni dan 19% di Juli 2005.

Kali ini, GM menawarkan diskon untuk hampir semua mobil keluaran tahun 2008. Menurut produsen mobil nomor satu AS itu, penawaran tersebut juga berlaku bagi sebagian produk keluaran 2009, termasuk di dalamnya sedan Chevrolet Cobalt dan van HHR. Harga khusus untuk karyawan itu lebih murah 10% dari harga yang tertera pada invoice. Namun, harga itu bervariasi, yang dibedakan berdasarkan tipe mobilnya.

Adanya pemberian potongan harga itu menandai bahwa GM kembali melaksanakan strategi yang telah diabaikannya dalam dua tahun terakhir. Yakni, GM berupaya menetapkan harga yang lebih transparan untuk menghindari pemotongan harga atau diskon besar-besaran atas produk-produknya.


Namun, merosotnya penjualan mobil di AS telah mengguncang GM. Lihat saja, penjualan GM pada Juli lalu turun tajam mencapai 18%. Tidak hanya itu, produsen mobil itu juga harus menghadapi tekanan untuk memangkas biaya operasional karena adanya tanda-tanda bahwa industri otomotif di seluruh dunia masih akan mengalami penurunan pada Agustus ini.

Asal tahu saja, GM dan produsen mobil lainnya, saat ini memang tengah berjuang menghadapi tingginya harga gas, melempemnya sektor properti dan pengetatan pengucuran kredit. Faktor-faktor itu, menurut para analis, akan menyebabkan semakin merosotnya penjualan mobil hingga akhir tahun ini dan mencapai titik terendah dalam sepuluh tahun belakangan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie