KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pagelaran pameran otomotif, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 berakhir Minggu kemarin. Kabarnya, nilai transaksi atau omzet yang didapat dari ajang yang diadakan selama 10 hari ini berjalan di tempat. Ketua Penyelenggara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Rizwan Alamsjah memang belum bisa menjelaskan berapa besar angka riil penjualan di ajang tersebut. Ia bilang, data riil dari Agen Pemegang Merek (APM) masih dikumpulkan untuk didata. "Tapi kurang lebih (angkanya) sama dengan tahun lalu. Sedang di
compile sekarang," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Senin (13/8).
Asal tahu saja, nilai transaksi tahun lalu mencapai Rp 7,2 triliun atau mencapai penjualan sekitar 23.000 unit mobil. Sementara ketika dikonfirmasi, untuk penjualan unit mobil Daihatsu dalam GIIAS 2018, mereka malah mengklaim alami penurunan 8% dibandingkan dengan GIIAS 2017. Daihatsu hanya meraih penjualan sebanyak 716 unit, dengan empat kontributor utama didominasi oleh Terios sebesar 36%, Sigra sebanyak 18%, Xenia 13%, dan Ayla 13%. Selain itu, penjualan Daihatsu juga didukung oleh Gran Max Mini Bus (MB), Sirion, Gran Max Pick Up (PU), Luxio, dan Hi-Max dengan total 20%. Kami bersyukur dan mengapresiasi pengunjung, walaupun capaian pemesanan kendaraan sedikit menurun apabila dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu, ujar Amelia Tjandra,
Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan pers, Senin (13/8). Melebihi target Sementara itu Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), membukukan angka pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 4.509 unit. Pencapaian ini melampaui target penjualan yang ditetapkan di awal pameran, yaitu 3.500 unit. Secara terperinci, pesanan kendaraan di Mitsubishi Motors GIIAS 2018 didominasi oleh Xpander sebanyak 2.689 unit 60%, Pajero Sport 1.584 (35%). Kontribusi 5% pemesanan berasal dari model Outlander Sport, Mirage dan Triton. Pencapaian ini terhitung hanya berasal dari SPK di ajang GIIAS 2018. Sayangnya, Kyoya Kondo, President Director PT MMKSI, enggan menjelaskan nilai transaksi pada GIIAS tahun ini. Ia hanya bilang capaian baik tahun ini, dipicu model andalan Xpander dan Pajero Sport. "Setelah satu tahun diperkenalkan di Indonesia, Xpander terbukti tetap memiliki tempat spesial di hati para konsumen kami, dan melebihi target penjualan yang ditetapkan untuk GIIAS," kata Kondo, Senin (13/8).
Sedangkan model SUV Pajero Sport mendapatkan respon yang baik dengan capaian dua kali lipat dari target. General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Ignatius Didi Kwok mengungkap, sebanyak 1.000 unit sepeda motor Honda berhasil terjual dalam GIIAS 2018. Motor premium Honda mendominasi dengan total angka penjualan sebanyak 562 unit, itu artinya meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, yang hanya sebanyak 184 unit. Asal tahu saja, di segmen premium, skutik premium terbaru menjadi primadona, Honda Forza laku sampai 321 unit, disusul Honda Super Cub 125 sebanyak 174 unit, sedangkan motor
supersport Honda CBR 250RR sebesar 56 unit. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi