Penjualan Mobil Nasional Masih dalam Tren Menurun, Ini Strategi Hyundai



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah penurunan tren penjualan mobil nasional pada tujuh bulan pertama tahun 2024, Hyundai Motors Indonesia tetap optimistis dan berkomitmen untuk meningkatkan penjualan, terutama dalam segmen SUV.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia, memberikan tanggapan terkait dampak penurunan pasar otomotif terhadap penjualan SUV Hyundai dan strategi perusahaan ke depan.

Data penjualan ritel yang dirilis oleh Gaikindo menunjukkan bahwa pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan sebesar 12,2% dari Januari hingga Juli 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


Meskipun penurunan ini melanda semua segmen pasar, termasuk segmen B MPV yang mengalami penurunan signifikan sekitar 26-30%, segmen SUV tetap menjadi salah satu yang paling diminati.

Adapun mobil SUV hyundai yang dipasarkan di Indonesia di antaranya Hyundai Creta: Mobil SUV crossover subkompak yang dibanderol mulai dari Rp 297,3 juta hingga Rp 421,8 juta.

Baca Juga: Hyundai Berusaha Memperkuat Kemampuan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Kemudian, Hyundai Palisade yang merupakan mobil SUV terbesar Hyundai yang dibanderol mulai dari Rp 910 juta hingga Rp 1,215 miliar. Mobil ini dapat menampung 7 atau 8 orang. Selain itu, Hyundai Santa Fe: Mobil SUV yang dibanderol mulai dari Rp 625 juta hingga Rp 759 juta.

Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan bahwa meskipun pasar otomotif secara umum mengalami koreksi, segmen SUV, termasuk model-model seperti Hyundai Creta, Hyundai Palisade, Hyundai Santa Fe, dan Hyundai Kona, masih menunjukkan performa yang relatif baik.

"Kami menyadari bahwa pasar otomotif mengalami tantangan, namun segmen SUV tetap menunjukkan daya tarik yang kuat di mata konsumen," kata Soeryo sapaan akrabnya kepada KONTAN, Senin (9/9).

Untuk mengatasi penurunan pasar dan meningkatkan penjualan di sisa tahun ini, Hyundai Motors Indonesia telah merancang sejumlah strategi sebagai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dan memberikan pilihan yang lebih bervariasi. "Kami akan memperkenalkan beberapa produk terbaru, termasuk model SUV," imbuhnya.

Selain meluncurkan model-model baru, Hyundai juga fokus pada peningkatan layanan purna jual dan pengembangan ekosistem lengkap untuk pelanggan. Upaya ini mencakup perbaikan infrastruktur layanan dan peningkatan kualitas layanan purna jual agar pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik setelah pembelian.

"Tidak hanya itu, kami terus meningkatkan layanan purna jual kami dan ekosistem yang lengkap untuk pelanggan Hyundai," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari