KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan otomotif anak grup Astra tergerus di semester I-2018. Persaingan Agen Pemegang Merk (APM) diprediksi ketat dalam semester kedua nanti. Dari data internal, penjualan ritel PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Juni 2018 mencapai 22.002 unit. Angka ini mengalami penurunan hingga 33,28% dibanding bulan sebelumnya. Executive General Manager Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, ada banyak hal yang mempengaruhi fluktuasi angka penjualan baik penjualan pabrikan ke diler (wholesales) maupun penjualan ritel. "Penjualan Juni berkurang karena waktu masa kerja bekrurang dari 23 hari menjadi 15 hari," kata Soerjopranoto, Jumat (6/7). Menurutnya porsi penjualan nasional di semester kedua dari tahun ke tahun lebih tinggi ketimbang periode semester pertama. Pada umumnya, semester satu menyumbang 48% penjualan nasional dan semester kedua menyumbang 52%. "Pengaruh Toyota besar karena pangsa pasar kami sekitar 30%," papar Soerjopranoto.
Penjualan otomotif anak grup Astra tergerus di semester I-2018
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan otomotif anak grup Astra tergerus di semester I-2018. Persaingan Agen Pemegang Merk (APM) diprediksi ketat dalam semester kedua nanti. Dari data internal, penjualan ritel PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Juni 2018 mencapai 22.002 unit. Angka ini mengalami penurunan hingga 33,28% dibanding bulan sebelumnya. Executive General Manager Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, ada banyak hal yang mempengaruhi fluktuasi angka penjualan baik penjualan pabrikan ke diler (wholesales) maupun penjualan ritel. "Penjualan Juni berkurang karena waktu masa kerja bekrurang dari 23 hari menjadi 15 hari," kata Soerjopranoto, Jumat (6/7). Menurutnya porsi penjualan nasional di semester kedua dari tahun ke tahun lebih tinggi ketimbang periode semester pertama. Pada umumnya, semester satu menyumbang 48% penjualan nasional dan semester kedua menyumbang 52%. "Pengaruh Toyota besar karena pangsa pasar kami sekitar 30%," papar Soerjopranoto.