Penjualan ritel Daihatsu di 2019 capai 177.588 unit



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daihatsu berada di posisi kedua untuk penjualan kendaraan di Indonesia. Berdasarkan data internal PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penjualan ritel (dari diler ke konsumen) Daihatsu pada 2019 tercatat sebanyak 177.588 unit. 

Capaian ini diklaim menghantarkan Daihatsu sebagai merek kendaraan paling laris kedua dengan porsi penguasaan pasar sebesar 17%. “Dengan begitu 11 tahun sudah Daihatsu menjadi nomor dua,” ujar Marketing Director ADM Amelia Tjandra kepada Kontan.co.id (14/01).

Baca Juga: Ditopang Sigra, penjualan Daihatsu tumbuh 4,1% di bulan November


Dalam hal ini, Sigra masih menjadi penopang utama penjualan ritel dengan kontribusi sekitar 29% dari total penjualan. Posisi ini selanjutnya ditempati oleh Grandmax PU di posisi kedua dengan kontribusi sebesar 20%, dan diikuti oleh Ayla dan Terios di posisi ketiga dengan kontribusi masing-masing sebesar 13%. Sementara kontribusi penjualan Xenia di tahun ini hanya 12,5%.

Manajemen menilai pencapaian ini tak lepas dari kuatnya jaringan penjualan dan purna jual (after sales) yang tersebar di seluruh Indonesia dan selalu bertambah jumlahnya. Ke depannya, Amelia berharap Daihatsu bisa mempertahankan posisi dua besar saat tutup tahun 2020 nanti. 

Sebagai informasi, Daihatsu juga diklaim berhasil merengkuh penguasaan pasar sebesar 17,2% dari sisi penjualan wholesale (penjualan dari pabrik ke diler). Adapun volume penjualan wholesale tercatat sebanyak 177.284 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari