Penjualan Ritel Jerman Anjlok ke Level Terendah Sejak 1994



KONTAN.CO.ID - BERLIN. Pengecer Jerman mengakhiri paruh pertama 2022 dengan penurunan penjualan tahun-ke-tahun paling tajam dalam hampir tiga dekade, karena inflasi, perang Ukraina, dan pandemi virus Covid-19.

Penjualan ritel pada Juni turun 8,8% secara riil dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, penurunan terbesar sejak rangkaian waktu dimulai pada 1994, menurut Kantor Statistik Federal seperti dikutip dari Reuters, Senin (1/8).

Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari perkiraan. Sebelumnya, analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan sebesar 8,0%.


Baca Juga: Tidak Ada Kerusakan yang Dilaporkan Filipina dari Puing-puing Roket China

Penjualan ritel juga secara tak terduga turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan penjualan ritel Juni turun 1,6% secara riil, dibandingkan prediksi analis tentang kenaikan 0,2% dalam jajak pendapat Reuters.

Penjualan ritel makanan khususnya mengalami penurunan sebesar 1,6% secara riil dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yang disebabkan oleh kenaikan harga bahan makanan dan peningkatan penjualan restoran, menurut kantor tersebut.

Editor: Tendi Mahadi