KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan ritel yang bertumbuh pada November 2025. Manajemen menyebut, performa bulan November 2025 merupakan yang tertinggi sepanjang tahun ini. "Penjualan total (komersial
+ passenger) naik 3% dibanding Oktober 2025, melampaui volume 6.000 unit," kata manajemen SIS dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2025). Adapun kontribusi s
egmen komersial mencapai 52%, sedangkan passenger sebesar 48%. Sementara itu, berdasarkan asal produksi, penjualan didominasi
oleh model domestik (CKD) sebesar 94%. Secara berurutan, pada November 2025, tiga
model penjualan terbaik meliputi New Carry, Fronx, dan New XL7. Baca Juga: Industri Tempe Tahu Masih Bergantung Impor, Gakoptindo Minta Segmentasi Pasar Kedelai Pada segmen mobil komersial, penjualan New Carry
tumbuh sebesar 2% dibandingkan bulan sebelumnya. "Penjualan mobil k
omersial Suzuki tertinggi dicetak oleh Jabodetabek, disusul oleh daerah lainnya di Pulau Jawa secara berurutan, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali serta Jawa Barat," imbuh manajemen SIS. Sedang untuk segmen
passenger, kontributor
volume terbesar adalah Fronx dan New XL7 yang masing-masing tercatat pada rentang lebih dari 1000 unit. Secara persentase, manajemen menyebut pertumbuhan segmen
passenger te
rtinggi dibanding bulan sebelumnya adalah S-Presso yang mencetak peningkatan 24% dan Jimny 13%. Penjualan mobil
passenger Suzuki tertinggi dicetak oleh Jabodetabek, disusul oleh daerah lainnya di Pulau Jawa, antara lain Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali, serta Jawa Tengah. Manajemen menambahkan, penjualan model hybrid Suzuk juga bertumbuh. Kontribusi penjualan hybrid meliputi
Fronx, New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, dan Grand Vitara mencapai 62% dari total penjualan segmen mobil passenger di November 2025. Baca Juga: Energi Alternatif Bobibos Manfaatkan Jerami, Pakar Ingatkan Tantangan Skala Produksi Rinciannya, masing-masing model berkontribusi sebesar 48% untuk Fronx, 42% untuk New XL7 Hybrid, dan 5% masing-masing untuk All New Ertiga Hybrid dan Grand Vitara. Manajemen SIS juga menyoroti penjualan Suzuki Fronx yang menjadi SUV 2 baris terfavorit, sekaligus mobil
passenger terlaku di Suzuki dengan
total penjualan melebihi 1.100 unit. "K
ontribusi Fronx mencapai 38% dari total penjualan passenger Suzuki, sedangkan 78% dari penjualan dalam keseluruhan varian Fronx merupakan model hybrid," pungkas manajemen. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News