Penjualan Semen Baturaja (SMBR) mencapai 65% target hingga September 2019



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) mencatat penjualan semen 1,51 juta ton semen hingga akhir kuartal ketiga 2019. Penjualan semen ini sekitar 65,65% dari total target penjualan sepanjang tahun ini yang sebesar 2,3 juta ton.

Dalam tiga bulan periode Juli-September, SMBR mencatat lonjakan penjualan semen. Pada semester pertama lalu, penjualan semen perusahaan pelat merah ini baru sebesar 883.622 ton atau 38,26% dari total target setahun. 

Baca Juga: Ini sejumlah emiten yang kinerjanya diproyeksi membaik di kuartal III dan IV 2019


Menghadapi kondisi oversupply semen domestik, SMBR telah menyiapkan langkah antisipasi, yakni dengan memperkuat distribusi dan logistik di berbagai wilayah. “SMBR akan tetap memperkuat distribusi dan logistik dengan implementasi distribution center di wilayah Sumatra Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung serta fokus pada peningkatan pemasaran dan promosi bellow the line strategy yang dilakukan di tingkat ritel dan konsumen,” kata Basthoni, Sekretaris Perusahaan SMBR kepada Kontan.co.id, Selasa (22/10).

Meski pasokan nasional berlebih, SMBR masih terus ekspansi. Emiten semen ini tengah membangun fasilitas semen curah SMBR di Palembang. Proyek ini telah masuki proses pengujian operasional.

Sepanjang semester pertama lalu, SMBR mencapai pendapatan Rp 833 miliar, naik 6% secara tahunan. Sedangkan laba bersih Semen Baturaja sebesar Rp 8 miliar, turun 69% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018. Penurunan laba bersih ini terjadi karena meningkatnya beban keuangan dan pajak penghasilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati