Penjualan sepeda motor hingga Juni 2018 capai 3 juta unit



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan sepeda motor nasional mencatatkan tren positif pada semester I-2018. Pelaku industri pun optimis penjualannya akan tetap melesat naik di semester II-2018.

Dari data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), tercatat penjualan Januari hingga Juni 2018 mencapai 3.002.753 unit atau naik 11,1% dari periode sama tahun lalu sebesar 2.700.546 unit.

General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Ignatius Didi Kwok mengatakan memperkirakan tren penjualan AHM di semester I-2018 ini akan minimal sama seperti semester I-2018. "Sehinggga total penjualan kami di tahun inii bisa mencapai 4,4 juta unit sampai dengan 4,6 juta," kata Didi kepada KONTAN, Minggu (7/8).Sebagai informasi, tahun lalu penjualan AHM mencapai 4,3 juta unit.


Pada semester I-2018, total penjualan AHM masih merajai pasar sepeda motor nasional. Yakni mencapai 2,23 juta unit atau naik 11,5% dari periode sama tahun lalu sebesar 2,005 juta unit.

Didi menilai faktor peningkatan penjualan di semester II-2018 berasal dari gaji ke 13 serta 14 karyawan, panen di area pulau Jawa, serta harga komoditas dan batubara yang diperkirakan masih positif.

Sementara faktor nilai tukar Rupiah yang melemah terhadap Dollar Amerika Serikat dan bunga kredit perbankan yang diprediksi akan naik masih dicermati oleh manajemen AHM."Strategi kami adalah dengan tetap memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan sepeda motor yang mereka inginkan," jelasnya.

Hanya saja AHM tetap akan mengandalkan penjualan dari segmen skutik, sport maupun bebek. Namun mengenai produk baru, Didi belum mau berkomentar banyak.

Adapun pesaing terdekat Honda, yakni Yamaha masih mencatatkan penjualan sebesar 690.944 unit atau naik 12,3% dari periode sama tahun lalu sebesar 614.895 unit. Salah satu pendorong penjualannya yakni dari segmen skuter.

Antonius Widiantoro, Public Relations Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan segmen skuter memiliki pasar yang luas karena konsumen tak hanya melihat motor sebagai kendaraan. "Pilihan konsumen saat ini adalah motor yang lifestyle," tutur dia beberapa saat lalu .

Tak hanya Yamaha yang mengandalkan skuter. Tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga lewat model terbarunya yaitu Suzuki NEX. Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS menjelaskan Suzuki NEX II ditawarkan ke publik di berbagai wilayah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk lain.

Sepeda motor yang ditargetkan untuk kategori generasi muda diharapkan bisa menjadi penggerak penjualan SIS di tahun ini. "Model penjualan yang menjadi andalan tahun ini pertama Nex II, kedua GSX, dan kemudian Satria," kata Yohan beberapa saat lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia