JAKARTA. Pasar pesawat televisi terus mengembang. Kini, produsen televisi (TV) mengincar pasar baru lewat produk TV pintar atau smart TV. Yakni TV yang selalin bisa menangkap siaran atau broadcasting, juga memiliki aplikasi browsing, chating hingga situs jejaring sosial. Beberapa produsen yang sudah jualan smart TV tersebut antara lain LG, Samsung dan Panasonic. Eko Adhi Suyitno, Product Manager Flat Panel Display PT LG Elektronics Indonesia mengatakan, produsen TV melihat tingginya penggunaan internet di Indonesia menjadi peluang pasar smart TV ini. Utamanya, untuk pasar kelas menengah ke atas. Menurut Eko, walaupun pangsa pasarnya masih sangat kecil, namun potensinya sangat bagus. Menurut data Gfk, pasar TV LCD 2011 di Indonesia bisa mencapai 100.000 unit per bulan. Ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2010 lalu, yang sebesar 40.000-50.000 unit per bulan. Nah dari pasar LCD itu, porsi smart TV baru 5%. "Permintaan akan melonjak pada tahun 2012," kata Eko Jumat (5/8).
Penjualan Smart TV terus bertumbuh
JAKARTA. Pasar pesawat televisi terus mengembang. Kini, produsen televisi (TV) mengincar pasar baru lewat produk TV pintar atau smart TV. Yakni TV yang selalin bisa menangkap siaran atau broadcasting, juga memiliki aplikasi browsing, chating hingga situs jejaring sosial. Beberapa produsen yang sudah jualan smart TV tersebut antara lain LG, Samsung dan Panasonic. Eko Adhi Suyitno, Product Manager Flat Panel Display PT LG Elektronics Indonesia mengatakan, produsen TV melihat tingginya penggunaan internet di Indonesia menjadi peluang pasar smart TV ini. Utamanya, untuk pasar kelas menengah ke atas. Menurut Eko, walaupun pangsa pasarnya masih sangat kecil, namun potensinya sangat bagus. Menurut data Gfk, pasar TV LCD 2011 di Indonesia bisa mencapai 100.000 unit per bulan. Ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2010 lalu, yang sebesar 40.000-50.000 unit per bulan. Nah dari pasar LCD itu, porsi smart TV baru 5%. "Permintaan akan melonjak pada tahun 2012," kata Eko Jumat (5/8).