KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan kendaraan penumpang yang menurun di 2017 membuat penjualan otomotif dari grup Astra mengalami penurunan tipis. Dari data penjualan pabrikan ke diler (wholesales) Gaikindo 2017, tercatat penjualan Toyota sebesar 371.332 unit atau turun dari periode tahun sebelumnya sebesar 381.570 unit. Sementara Daihatsu mencatat penjualan sebesar 186.381 unit atau turun dari periode sama tahun sebelumnya sebesar 98%. Meski demikian baik Toyota dan Daihatsu masih meraih posisi penjualan pertama dan kedua secara nasional. Vice President PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto menjelaskan pergerakan market share Toyota yang sedikit turun karena dinamika market dan pastinya persaingan terutama model baru di market. "Model baru biasanya memang mempengaruhi pergerakan market," jelas Henry kepada KONTAN, (17/1). Asal tahu saat ini ada 305 outlet Toyota di seluruh Indonesia. Demi penetrasi pasar, dari catatan KONTAN ditargetkan ada sekitar 8 hingga 10 outlet baru. Untuk target tahun ini, Toyota berusaha untuk mempertahankan market share. Strateginya mulai dari mengenalkan produk yang sesuai kebutuhan customer, mendekatkan diri ke pelanggan melalui penambahan outlet. "Serta tentu saja meningkatkan kualitas pelayanan ke pelanggan," tambahnya. Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Astra Toyota Motor mengatakan masalah di tahun 2017, lebih ke munculnya pilihan atau produk baru untuk customer. Dan juga meningkatnya Non Performing Loan (NPL) dari institusi financial.
Penjualan turun tipis di 2017, ini strategi Toyota dan Daihatsu di 2018
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan kendaraan penumpang yang menurun di 2017 membuat penjualan otomotif dari grup Astra mengalami penurunan tipis. Dari data penjualan pabrikan ke diler (wholesales) Gaikindo 2017, tercatat penjualan Toyota sebesar 371.332 unit atau turun dari periode tahun sebelumnya sebesar 381.570 unit. Sementara Daihatsu mencatat penjualan sebesar 186.381 unit atau turun dari periode sama tahun sebelumnya sebesar 98%. Meski demikian baik Toyota dan Daihatsu masih meraih posisi penjualan pertama dan kedua secara nasional. Vice President PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto menjelaskan pergerakan market share Toyota yang sedikit turun karena dinamika market dan pastinya persaingan terutama model baru di market. "Model baru biasanya memang mempengaruhi pergerakan market," jelas Henry kepada KONTAN, (17/1). Asal tahu saat ini ada 305 outlet Toyota di seluruh Indonesia. Demi penetrasi pasar, dari catatan KONTAN ditargetkan ada sekitar 8 hingga 10 outlet baru. Untuk target tahun ini, Toyota berusaha untuk mempertahankan market share. Strateginya mulai dari mengenalkan produk yang sesuai kebutuhan customer, mendekatkan diri ke pelanggan melalui penambahan outlet. "Serta tentu saja meningkatkan kualitas pelayanan ke pelanggan," tambahnya. Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Astra Toyota Motor mengatakan masalah di tahun 2017, lebih ke munculnya pilihan atau produk baru untuk customer. Dan juga meningkatnya Non Performing Loan (NPL) dari institusi financial.